TribunJateng/

Kementan Pastikan Stok Kebutuhan Pangan Aman Sampai Mei 2018

Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan stok kebutuhan pangan secara nasional aman

Kementan Pastikan Stok Kebutuhan Pangan Aman Sampai Mei 2018
tribunjateng/dok
Panen Padi 

Laporan wartawan Tribun Jateng, Rifqi Gozali

TRIBUNJATENG.COM, PATI – Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan stok kebutuhan pangan secara nasional aman sampai bulan Mei 2018 mendatang. Hal itu dikarenakan di sejumlah daerah saat ini sudah mengalmai panen meski tidak secara menyeluruh.

“Jadi target kami bisa tanam pada Bulan Agustus, September 2017 posisi seperti sekarang sudah mulai masa panen,” kata Spudnik Sujono Kamino Direktur Jenderal Hortikultura Kementan di Desa kedungsari, Kecamatan Tayu, Pati, Kamis (28/12/2017).

Sampai pada akhir Desember 2017, katanya, pihaknya menarget hasil produksi gabah nasional bisa mencapai 79 juta ton.

“Semoga target sampai akhir Desember nanti bisa tercapai,” tambahnya.

Dua menegaskan, saat bulan Desember merupakan masa paceklik. Namun dia membantah karena sejumlah daerah sudah masuk masa panen.

“Misalnya di Pati, bahkan tahun ini surplus. Kami hanya akan membuktikan bahwa produksi padi aman,” kata dia.

Dorongan atas percepatan tanam di kalangan petani terus ditingkatkan. Hal itu agar tidak ada kelangkaan stok. Selain itu juga bisa menstabilkan harga di pasaran.

“Percepatan tanam harus terus dikawal ditingkat hilir bagaimana harga bisa stabil jangan sampai spekulan bermain,” ujarnya.

Pemerintah pusat, katanya, juga terus fokus dalam meningkatkan produksi pertanian. Melalui kerja sama dengan TNI maupun Polri pihaknya meminta agar terus menjaga produksi pertanian. Sarana dan prasarana pertanian tidak luput dari perhatian.

Halaman
12
Penulis: Rifqi Gozali
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help