TribunJateng/

Ngopi Pagi

Ramalan 2018

Hari gini masih ada ramalan? Begitu kira-kira kata anak zaman now. Tentu, yang dimaksud di sini bukan ramalan cuaca.

Ramalan 2018
Ace Stock Limited/Alamy
Kiamat tak akan terjadi dengan Big bang, tetapi dengan Big Rip. 

TRIBUNJATENG.COM - Hari gini masih ada ramalan? Begitu kira-kira kata anak zaman now. Tentu, yang dimaksud di sini bukan ramalan cuaca. Kalau ini lebih lazim dimaklumi, diterima, bahkan selalu ditunggu, karena muasalnya dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Ada acuan ilmiahnya.

Toh, tiap menjelang pergantian tahun, selalu saja muncul beragam ramalan. Ada yang menyeramkan, bikin orang tergoda percaya, meragukan, pun bikin konyol, geli, dan bahkan menghibur. Lihat saja sejumlah situs di internet tentang ramalan di tahun 2018.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD pun, secara tak langsung, ‘memaklumi’ fenomena itu. Simak postingan dia di media sosial, Selasa (26/12/2017).

"Sebentar lagi media massa akan bnyk menampilkan peramal2 yg lucu2an. Thn 2018 akan ada musibah, akan ada orang besar wafat, akan ada artis kawin, akan ada yg kecopetan. Wuih. Ramalannya lucu2an krn di Indonesia yg jumbo ini hal2 itu pasti terjadi, entah siapa, kapan, dan dimana," tulis Mahfud MD seperti dikutip Tribunnews.com, Kamis (28/12).

Pada postingan berikutnya, Mahfud MD menyampaikan bahwa dirinya heran kenapa TV masih menampilkan ramalan yang asal. "Hahaha. Kita sama2 pengamat ttg peramal memasuki tahun baru, Orie. Tapi saya agak heran, TV kok masih mau menampilkan ramalan2 yg asal2an," tulisnya.

Tentang ramalan 2018, yang banyak dikutip di situs-situs, antara lain Baba Vanga, peramal buta asal Bulgaria. Ia kondang setelah dianggap tepat meramal kejadian 9/11 dan terpilihnya Obama sebagai Presiden AS.

Tentang 2018, ramalan Baba menyebutkan bahwa China akan memiliki kekuatan besar dan berpengaruh dunia pada 2018. Ramalannya yang lain, tahun depan ada ada penemuan energi baru di Venus.

Yang bikin ngeri, sebuah situs mengutip ramalan Mbah Mijan, salah seorang paranormal kondang di negeri ini. Diramalkan tahun 2018 putaran bumi melambat dan banyak gempa terjadi. Kalau biasanya berada di atas 7 SR terjadi 15 kali dalam setahun, pada 2018 diperkirakan gempa semacam itu akan terjadi 20 hingga 30 kali dalam setahun.

Ramalan lain, terkait penanggalan Tiongkok, bahwa 2018 adalah tahun shio anjing tanah.. Peramal kondang, Ki Kusumo, menyebutkan Shio Anjing Tanah sangat sarat dengan unsur tanah. Paduan unsur tanah ini, akan menyebabkan unsur air yang berhubungan dengan ekonomi, sulit bergerak. Diibaratkan, air yang kuat akan mengalir dengan lancar. Sementara apabila meresap ke dalam tanah arus airnya akan terhambat.

Namanya juga ramalan, boleh dipercaya, boleh tidak. Dan, cukup menarik komentar salah satu netizen menanggapi postingan-postingan Mahfud MD di atas.

“Masyarakat jaman now sdh pada pinter prof silahkan aja media massa menampilkan Para peramal yg terkenal, tp sy yakin masyarakat ga akan percaya lg sm hal2 yg begituan Prof, mending masyarakat ngantri beli tabung gas yg 3 kilo pada dengerin peramal2 yg ga jelas itu. (*)

Penulis: sujarwo
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help