PSIS Semarang

Muhammad Ridwan Jadi Pelatih PSIS U-19, Proses Seleksi Pemain segera Dilakukan

Eks bintang Timnas Indonesia dan PSIS, Muhammad Ridwan resmi ditunjuk sebagai pelatih PSIS U-19.

Muhammad Ridwan Jadi Pelatih PSIS U-19, Proses Seleksi Pemain segera Dilakukan
tribunjateng/franciskus ariel setiaputra
PELATIH - Suasana penandatangan kontrak kepelatihan tim PSIS U-19. M Ridwan (Tengah), CEO PSIS, Yoyok Sukawi (Kiri), dan Direktur Teknik PSIS, Setyo Agung Nugroho (Kanan), Selasa siang (2/1/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, F Ariel Setiaputra

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Eks bintang Timnas Indonesia dan PSIS, Muhammad Ridwan resmi ditunjuk sebagai pelatih PSIS U-19.

Hal tersebut ditandai dengan penandatanganan kontrak antara Muhammad Ridwan dan CEO PSIS, Yoyok Sukawi. Rencananya masa kerja Ridwan melatih PSIS U-19, berdurasi satu tahun.

Adanya tim U-19 memang menjadi sebuah kewajiban klub berstatus Liga 1 membentuk tim junior U-19.

Rencananya, kompetisi junior ini akan bergulir pada Juli mendatang dan berakhir pada bulan November.

"Tugas pertama dari pelatih, yakni menyeleksi pemain-pemain muda berbakat di Jawa Tengah. Berbicara target, kami memang tidak menargetkan juara Liga 1 U-19. Tapi kami mempunyai target bahwa tim U-19 nantinya menjadi pabrik pemain-pemain masa depan PSIS," kata Yoyok di Mess PSIS, Jalan Semeru Dalam 1, Semarang. Selasa (2/1/2018).

"Kalau yang lalu kami punya tim yunior U-18 dan U-23. Kalau sekarang kami jadikan satu di bawah kendalinya mas Ridwan. Jadi nanti U-19 tetap berjalan. Kalau kompetisinya selesai, juga tetap akan jalan," imbuhnya.

Yoyok juga menambahkan, nantinya PSIS U-19 bakal memiliki tempat latihan, home base pertandingan, dan mess dan kantor tersendiri. Meski demikian, dalam perjalanannya tetap dalam naungan manajemen PSIS.

Dalam kesempatan yang sama, Muhammad Ridwan menjelaskan, sebagai tahapan awal ia bakal membuka seleksi terbuka di empat kota di Jawa Tengah, yakni di Brebes, Magelang, Pati, dan Semarang. Meski begitu saat ini masih dalam proses penjajakan.

"Kami bersama staff pelatih akan membuka seleksi tahap awal di empat kota berbeda. Kami ingin menjadikan PSIS ini sebagai kebanggaan Jawa Tengah, jadi saya membuka kepada siapapun untuk ikut seleksi," kata Ridwan.

Menurut Ridwan, ia berharap mampu menemukan talenta terbaik, karena nantinya pemain-pemain muda tersebut menjadi cikal bakal pemain PSIS di beberapa tahun yang akan datang.

"Muaranya ke PSIS Senior. Jadi menjadi target utama kami saat ini adalah mengkaderisasi pemain muda," jelas dia.

Ia menargetkan tim akan terbentuk di bulan April. Sementara untuk langkah awal, Ridwan dan jajarannya mulai menyeleksi pemain di akhir Januari nanti. Ridwan bakal dibantu eks pemain PSIS, Khusnul Yaqien dan Riyadi.

Terkait lisensi kepelatihan, saat ini Ridwan sudah mengantongi lisensi C AFC, dan sedang dalam proses pengambilan lisensi B AFC. (*)

Penulis: Franciskus Ariel Setiaputra
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved