Tiga Calon Perangkat Desa di Kendal Dilantik

Sebanyak 3 desa di Kendal telah melaksanakan pelantikan terhadap calon perangkat desa pada tanggal Rabu(3/1/2018).

Tiga Calon Perangkat Desa di Kendal Dilantik
TRIBUN JATENG/DHIAN ADI PUTRANTO
Seleksi perangkat Desa di SMA Negeri 1 Kaliwungu, Minggu (17/12/2017). 

Laporan wartawan Tribun Jateng, Dhian Adi Putranto

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Sebanyak 3 desa di Kendal telah melaksanakan pelantikan terhadap calon perangkat desa pada tanggal Rabu (3/1/2018).

Ketiga desa itu melakukan pelantikan lebih awal dibandingkan dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh Bupati Kendal, Mirna Annisa.

Dalam surat edaran yang dikeluarkan pada tanggal 2 Januari lalu, pelantikan dilakukan pada tanggal 8 Januari 2018 yang sebelumnya melalui proses pengangkatan terlebih dahulu.

Meski mendahului jadwal yang telah ditentukan oleh Bupati Kendal, Sekda Kendal, M Toha mengatakan pelantikan perangkat desa di tiga desa tersebut dianggap sah karena mengikuti perbub nomor 51 tahun 2017 mengenai tata cara pelakasanaan pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa.

Ia mengatakan perihal pelantikan itu menjadi hak dari desa tersebut.

"Kalau dirasa tidak menimbulkan polemik di masyarakat, tidak menjadi masalah dilakukan pelantikan lebih awal," ujarnya pada Kamis (4/1/2018)

Satu desa yang melakukan pelantikan lebih awal adalah Desa Sidodadi, Kecamatan Patean, Kendal.

Saat dikonfirmasi, Camat Patean, Zanuar Fatoni mengatakan semenjak mendapatkan surat edaran bupati yang bernomor 141/002/2018 dirinya langsung mengeluarkan surat rekomendasi kepada calon perangkat desa dan langsung dikirimkan ke pada para kades.

"Saya langsung mengeluarkan surat rekomendasi sejak tanggal 2 Januari, setelah mendapatkan surat edaran bupati," terangnya

Ia menambahkan keputusan pelantikan tersebut memang dari desa yang menentukan. Dirinya juga hadir dalam pelaksanaan pelantikan itu.

Penulis: Dhian Adi Putranto
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help