Ini Jenis-Jenis Penyakit Kanker yang Paling Sering Diderita Oleh Masyarakat

Dia menginformasikan, untuk di Jawa Tengah, jumlah dokter ahli kanker hanya ada sekitar 15 orang.

Ini Jenis-Jenis Penyakit Kanker yang Paling Sering Diderita Oleh Masyarakat
Shutterstock
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Deni Setiawan

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Sebagai jenis penyakit mematikan yang biasanya baru diketahui penderita saat sudah memasuki stadium lanjut, kanker masih menjadi momok atau yang ditakutkan.

Ada beragam jenis kanker yang bisa berpotensi diderita oleh siapapun.

"Dan sesuai data statistik yang kami miliki, kanker yang mendominasi, yang menderita penderita di Indonesia, termasuk di Jawa Tengah adalah kanker paru. Penderita pada kanker itu didominasi oleh kaum adam (laki-laki)," jelas Ketua Perhimpunan Dokter Penyakit Dalam Ahli Kanker (Perhompedin) Cabang Semarang Prof dr C Suharti.

Lanjut Suharti kepada Tribunjateng.com, Senin (8/1/2018), yang kerapkali diderita oleh kaum hawa (wanita) adalah kanker payudara.

Lalu baik laki-laki maupun wanita, posisi kedua terbanyak diderita adalah kanker usus besar.

"Untuk jumlah atau angka pastinya, harus belum bisa menyampaikan karena harus dilihat antara pasien yang dibiayai secara pribadi maupun memanfaatkan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Tetapi apa yang itu sesuai data statistik nasional," jelasnya.

Baca: Kebun Buah di Gunungpati Semarang Terdapat Buah-Buahan dari Lima Benua

Dan sebagai informasi tambahan, dari tahun ke tahun atau sejak 2013 silam, jumlah penderita kanker di Indonesia terus meningkat. Dapat dikatakan pula berkategori tinggi (meledak) prosentasenya.

"Jawa Tengah ternyata juga yang tertinggi dari seluruh wilayah di Indonesia dari sisi jumlah penderitanya. Jika dilihat prosentasenya tertinggi di DIY Yogyakarta. Itu semua pun tidak seimbang dari jumlah dokter ahli kanker," kata Suharti.

Halaman
12
Penulis: deni setiawan
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help