TribunJateng/

Mau Investasi Saham Jelang Pemilu, Inilah Daftar Yang Paling Oke!

Namun, investor perlu mewaspadai situasi jelang Pemilu 2019. Ada potensi Indeks Harga Saham Gabungan ( IHSG) melemah setahun sebelum Pemilu.

Mau Investasi Saham Jelang Pemilu, Inilah Daftar Yang Paling Oke!
Net
Ilustrasi 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA  - Instrumen investasi dalam bentuk sahammasih bisa menjadi andalan untuk tahun ini.

Namun, investor perlu mewaspadai situasi jelang Pemilu 2019. Ada potensi Indeks Harga Saham Gabungan ( IHSG) melemah setahun sebelum Pemilu.

Mengutip Kontan.co.id, Kamis (4/1/2018) Head of Intermediary Business Schroders Investment Management Indonesia Teddy Oetomo mengatakan, dalam dua tahun terakhir, instrumen investasi dalam bentuk obligasi dan saham bersaing mencatatkan kinerja terbaik. Tapi, kini yield obligasi dengan tenor 10 tahun telah turun ke level 6,3 persen.

"Total return dan kupon obligasi di 2018 tidak bisa setinggi tahun lalu. Ini membuat saham lebih menarik daripada obligasi," kata dia, Selasa (2/1/2018).

Pelaksanaan pilkada tahun ini dan pemilu tahun depan akan mempengaruhi pasar modal. Dua gelaran politik tersebut diprediksi bakal mengerek pertumbuhan ekonomi.

"Benefit dari pemilu dan dana kampanye biasanya bisa mendorong konsumsi pemerintah maupun rumah tangga meningkat," jelas Teddy.

Selain itu, kenaikan harga komoditas yang stabil sejak 2017 akan mulai berdampak pada sektor konsumsi. Hal ini juga bakal menopang pergerakan IHSG tahun ini.

"Di 2018 ketidakpastian akan lebih rendah, karena IHSG disokong saham dengan sektor yang lebih baik, seperti keuangan dan konsumer yang harganya tidak banyak bergejolak, berbeda dengan tahun ini yang isinya banyak saham sektor komoditas," kata Teddy.

Waspadai koreksi

Selain itu, instrumen saham juga bisa dimanfaatkan untuk menghadapi situasi geopolitik yang sulit diprediksi. Saham diyakini masih bisa mendorong kinerja portofolio invesstasi. Tapi, syaratnya, pertumbuhan ekonomi Indonesia terus berlanjut.

Halaman
12
Penulis: iswidodo
Editor: Catur waskito Edy
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help