Inilah Tips Menata Ruangan Sempit Terlihat Lebih Lapang dari Seorang Arsitek Undip

Memiliki hunian di atas lahan sempit, menjadikan dilema bagi penghuninya saat melakukan penataan ruang.

Inilah Tips Menata Ruangan Sempit Terlihat Lebih Lapang dari Seorang Arsitek Undip
tribunjateng/HERMAWAN HANDAKA
ruang tamu 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Nur Rochmah

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Memiliki hunian di atas lahan sempit, menjadikan dilema bagi penghuninya saat melakukan penataan ruang.

Menurut Septana Bagus Pribadi, seorang konsultan arsitek dan dosen di Universitas Diponegoro (Undip), menuturkan, style yang paling cocok diterapkan pada rumah dengan lahan terbatas ini adalah modern minimalis.

"Usahakan hindari penerapan style classic. Karena kurang tepat untuk diaplikasikan di ruangan yang sempit. Biasaya perabotan bergaya klasik identik mempunyai ukuran yang lebih besar, sehingga membuat ruangan terkesan penuh," jelasnya kepada Tribunjateng.com beberapa waktu lalu.

Sebenarnya bisa saja bila hendak menggunakan satu atau dua perabot dengan style vintage atau retro. Hal ini untuk mengurangi kekakuan agar ambient rumah tidak terlalu maskulin. 

Selain itu, untuk mensiasati agar ruangan sempit terlihat lebih luas, satu di antaranya bisa mengaplikasikan warna-warna terang untuk interior dan perabotan rumah tangga.

Selanjutnya, bila hendak menggunakan wallpaper dinding jangan diterapkan pada setiap sudut ruangan. Namun, cukup pada dinding-dinding yang dipilih sebagai aksen saja. Gunakan wallpaper dengan warna cerah dan motif yang kecil-kecil.

"Bisa juga disiasati permainan tinggi plafon rumah, supaya ruangan terkesan lebih luas. Sedangkan untuk rumah dua lantai, penggunaan void juga berperan penting untuk membuat rumah terasa lebih lega dan lapang," imbuhnya.

Septana, sapaan akrabnya, kembali menegaskan, agar ruangan rumah minimalis terlihat lebih segar secara alami, gunakan sistem bukaan untuk cahaya dan udara.

Bukaan ini bisa berupa permainan cermin atau roster beton, yang berfungsi untuk sirkulasi cahaya dan udara dari luar bisa keluar masuk dengan bebas. Tentunya lebih ramah lingkungan dan hemat energi.

Penulis: Nur Rochmah
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help