TEKA-TEKI Penyebab Keretakan Pernikahan Ahok dan Veronica Tan

Dalam pertemuannya, tiba‑tiba Ahok mengatakan ingin bercerai dengan sang istri, Veronica Tan, yang dinikahinya 6 September 1997

TEKA-TEKI Penyebab Keretakan Pernikahan Ahok dan Veronica Tan
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Veronica Tan Istri Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menangis ketika memberikan keterangan kepada wartawan saat tidak mengajukan banding atas putusan hakim, di Jakarta, Selasa (23/5/2017). 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Kamis (4/1) sore itu, Pengacara Josefina Agatha Syukur mengunjungi tahanan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok. Ketika itu, dia datang sendiri menemui kliennya terpidana kasus penodaan agama, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Dalam pertemuannya, tiba‑tiba Ahok mengatakan ingin bercerai dengan sang istri, Veronica Tan, yang dinikahinya 6 September 1997 lalu dan dikaruniai tiga anak. Meski, belakangan Josefina meyakini pasti sudah ada pertimbangan sebelumnya.

Josefina lebih lanjut menjelaskan, Ahok terlihat sedih saat berbicara hal itu. Namun, tidak ada air mata yang mengalir darinya ketika mengungkapkan keinginannya. "Kalau sedih, pastilah. Tidak ada yang ingin bercerai, tetapi dia tidak menangis," katanya.

Veronica Tan Istri Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menangis ketika memberikan keterangan kepada wartawan saat tidak mengajukan banding  atas putusan hakim, di Jakarta, Selasa (23/5/2017).
Veronica Tan Istri Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menangis ketika memberikan keterangan kepada wartawan saat tidak mengajukan banding atas putusan hakim, di Jakarta, Selasa (23/5/2017). (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Dia menguraikan, saat pertemuan selama satu setengah jam itu, terdapat alasan yang dibicarakan oleh Ahok untuk bercerai dengan istrinya. Hanya saja, dia enggan membeberkannya karena masalah privasi.

Dia hanya mengungkapkan, dalam gugatan, Ahok meminta hak asuh ketiga anaknya dari Veronica Tan dan tidak mempersoalkan harta gono‑gini. Sementara untuk alasan lainnya, dirinya mengatakan akan ketahuan nanti setelah persidangan perdana.

Josefina juga tidak mengetahui secara pasti mengenai apakah nantinya Ahok akan bersedia untuk menerima mediasi pada tahap awal sebelum persidangan. Ia akan melaporkan terlebih dahulu apa yang sedang terjadi hari ini kepada mantan gubernur DKI Jakarta itu.

"Saya mau melaporkan dulu. Reaksinya nanti seperti apa, saya belum tahu," ucapnya.

Dia juga belum mengetahui kondisi terakhir dari istri Ahok, Veronica Tan, dan ketiga anaknya. Dia mengaku masih belum bertemu dengan mereka. Namun kata Josefina, Veronica Tan sempat menangis saat bertemu Ahok, pada awal tahun 2018 kemarin. Ketika itu Veronica datang menemui Ahok di Rutan Brimob. "Saya lupa kapan, tapi akhir tahun 2017-lah atau awal tahun ini," ujar Josefina.

Humas Pengadilan Jakarta Utara, Jootje Sampaleng menjelaskan, nantinya akan memanggil tergugat atas nama Veronica Tan. Pemanggilan dimaksud untuk menanyai beberapa hal yang bersifat privasi sehingga tidak akan dibuka ke publik.

Sabina dan Ahok
Sabina dan Ahok (Twitter)

Penggugat atas nama Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, juga harus dapat hadir untuk dimintai keterangan meski sudah ada kuasa hukum sebagai perwakilan. Berkas yang sudah diterima pengadilan sebanyak 10 lembar itu akan diberikan kepada Majelis Hakim dan akan ditentukan hakim dan jadwal persidangan.

Halaman
123
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help