Puluhan Pejabat Eselon IV Pemkot Solo Terancam Hilang Jabatan

Puluhan pejabat eselon IV di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo terancam kehilangan jabatannya

Puluhan Pejabat Eselon IV Pemkot Solo Terancam Hilang Jabatan
Tribun Jateng/akbar hari murti
Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, Jumat (6/10/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akbar Hari Mukti

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Puluhan pejabat eselon IV di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo terancam kehilangan jabatannya.

Hal tersebut seiring dibubarkannya Unit Pelaksana Teknis (UPT) sebagai pembantu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di tingkat kewilayahan.

Pembubaran UPT atau kantor cabang pembantu OPD diatur sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 12 Tahun 2017 tentang Pembentukan dan Klasifikasi Cabang Dinas dan UPT.

Dalam aturan itu disebutkan pembentukan UPT kabupaten/kota ditetapkan dengan peraturan bupati/wali kota setelah dikonsultasikan secara tertulis kepada Gubernur.

"Setelah dilakukan evaluasi terhadap kajian akademis UPT Pemkot, Gubernur menerbitkan rekomendasi beberapa UPT harus dibubarkan," ungkap Sekda Solo Budi Yulistianto, Rabu (10/1/2018).

Menurutnya terdapat sejumlah UPT yang dibubarkan, di antaranya lima UPT Pendidikan sebagai pembantu Dinas Pendidikan (Disdik) di tiap kecamatan, dan juga lima UPT Pajak di tiap kecamatan. Selain dibubarkan, ia menjelaskan Gubernur juga merekomendasikan beberapa UPT lain tetap dipertahankan.

Perombakan ini menurutnya secara otomatis berdampak signifikan terhadap personel Aparatur Sipil Negara (ASN) di masing-masing UPT, serta penyesuaian regulasi di tingkat daerah.

"Dampak paling signifikan ya ada 36 jabatan struktural yang hilang karena UPT dibubarkan," katanya.

Ia menilai sebanyak 36 jabatan struktural ini merupakan pejabat eselon VI A dan IV B. Mereka ini adalah Kepala UPT serta Kepala Sub Bagian (Kasubag) Tata Usaha (TU) UPT. Meski begitu, Budi memastikan seluruh pejabat ini tidak kehilangan jabatan meski UPT telah dibubarkan.

Halaman
12
Penulis: akbar hari mukti
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help