Pati Bumi Mina Tani

Raperda RPJMD Kabupaten Pati 2017-2022 Disahkan

Bupati Pati bersama Ketua DPRD Pati menandatangani persetujuan bersama Raperda RPJMD Kabupaten Pati Tahun 2017-2022

Raperda RPJMD Kabupaten Pati 2017-2022 Disahkan
ISTIMEWA
Bupati Pati Haryanto bersama Ketua DPRD Pati Ali Badrudin, Rabu (10/1) menandatangani persetujuan bersama Raperda RPJMD Kabupaten Pati Tahun 2017-2022 di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Pati. 

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Bupati Pati, Haryanto bersama Ketua DPRD Pati, Ali Badrudin menandatangani persetujuan bersama Raperda RPJMD Kabupaten Pati Tahun 2017-2022 di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Pati, Rabu (10/1/2018)

Acara ini dihadiri para anggota dewan dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pati.

Dalam kesempatan itu Bupati juga menyampaikan bahwa proses RPJMD ada beberapa tahapan di antaranya  tahap persiapan penyusunan, penyusunan rancangan awal, dan penyusunan rancangan.

"Setelah itu juga harus melalui pelaksanaan Musrenbang, perumusan rancangan akhir, dan penutup," terang Haryanto dalam rilis yang diterima Tribunjateng.com

Bupati juga menegaskan bahwa sebelum rancangan RPJMD di terapkan akan dilakukan evaluasi oleh tim evaluator provinsi Jawa Tengah, guna menguji kesesuaian antara RPJMD Pati dengan RPJMD Provinsi, RT RW Kabupaten Pati dan RPJMN, dan ketentuan perundang-undangan yang lebih tinggi.

"Maka dari itulah diperlukan persetujuan bersama DPRD dengan Bupati," terang Haryanto.

Bupati berharap bahwa setelah Raperda ini diterapkan, maka RPJMD ini akan menjadi pedoman arah kebijakan pembangunan lima tahun ke depan, dan sekaligus bisa digunakan sebagai instrumen evaluasi penyelenggaraan pemerintah daerah.

Haryanto juga berpesan kepada para kepala OPD, agar dalam penyusunan rencana strategis perangkat daerah dan rencana kerja perangkat daerah benar-benar mengacu kepada program yang telah tertuang dalam RPJMD.

"Ketika merumuskan indikator program kegiatan, restoran, dan rena, semua harus terukur dan terkait dengan pencapaian visi misi Bupati dan Wakil Bupati sebagaimana telah dijabarkan dan ditetapkan dalam RPJMD," jelasnya.

Di akhir sambutannya, Haryanto mengajak semua stakeholder (para pemangku kepentingan) untuk berdoa dan memohon kepada Allah SWT agar proses evaluasi Gubernur nanti dapat berjalan dengan lancar, sehingga penetapan Raperda menjadi Perda tidak melebihi batas waktu yang ditetapkan.

Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved