Harga Sembako

Stok Beras di Tegal Bertumpu pada Operasi Pasar dari Bulog

Harga beras di sejumlah daerah terus melambung. Begitu juga dengan yang terjadi di tujuh daerah di eks-Karesidenan Pekalongan.

Stok Beras di Tegal Bertumpu pada Operasi Pasar dari Bulog
TRIBUNJATENG/MAMDUKH ADI PRIYANTO
HARGA NAIK- Operasi pasar beras di sejumlah daerah di wilayah eks karesidenan Pekalongan yang dilakukan Bulog Sub Divre Pekalongan. 

TRIBUNJATENG.COM, TEGAL- Harga beras di sejumlah daerah terus melambung. Begitu juga dengan yang terjadi di tujuh daerah di eks-Karesidenan Pekalongan.

Untuk meredam kenaikan harga beras itu, Bulog Sub Divre Pekalongan mengguyur pasar dengan operasi cadangan beras pemerintah.

"Tim kami setiap hari mengecek harga bahan pokok di pasar Kabupaten Tegal. Harga beras premium saat ini Rp 14.000 dan medium Rp 10.500 hingga Rp 12.000 (perkilogram)," kata Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Tegal, Suspriyanti, Rabu (10/1/2018).

Harga itu mengalami kenaikan cukup signifikan yakni mulai Rp 500 hingga Rp 1.500 perkilogram.

Harga itu, kata dia, lebih tinggi dari harga eceran tertinggi (HET) yang ditentukan pemerintah.

Karena itu, pihaknya bekerjasama dengan Bulog Sub Divre Pekalongan untuk melakukan operasi pasar.

Hal serupa juga terjadi di Kota Tegal. Kepala Bidang Pasar Dinas Perdagangan Kota Tegal, Suherman, menjelaskan kebutuhan beras di Kota Tegal akhir- akhir ini meningkat.

"Permintaan terhadap kebutuhan beras meningkat, namun stok rendah sejak Desember 2017 lalu," kata Suherman.

Pihaknya sudah mengecek di tiga lokasi di pasar terbesar di Kota Tegal yakni Pasar Pagi, Langon, dan Kejambon. Di tiga pasar itu, stok beras rendah.

"Kota Tegal kan bukan daerah penghasil beras. Makanya kami bergantung daerah lain. Yang terjadi sekarang ini yakni stok beras datang tapi langsung habis," ujarnya.

Operasi beras dari Bulog juga sudah dilakukan sejak Desember lalu di sejumlah pasar di Kota Tegal.

"Operasi pasar dari Bulog sangat efektif. Ketika ada operasi pasar, saat itu juga langsung habis. Sehingga, kami beberapa kali meminta ke Bulog untuk dilakukan kembali operasi pasar," kata Suherman.

Harga beras di Kota tegal berdasarkan surveinya yakni Rp 11 ribu untuk beras medium dan beras premium Rp 12 ribu.

Angka itu melonjak cukup signifikan dari harga sebelumnya yakni Rp 9.000- Rp 10.000 untuk beras medium dan Rp 11.000 perkilogram beras premium. (tribunjateng/mam)

Penulis: mamdukh adi priyanto
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help