Restoran di Kota Semarang Ini Manfaatkan Sayuran Hidroponik yang Ditanamnya untuk Menu Makanan

Tetapi di Semarang, ada satu resto yang mengembangkan teknik penanaman hidroponik untuk kebutuhan sayuran mereka.

Restoran di Kota Semarang Ini Manfaatkan Sayuran Hidroponik yang Ditanamnya untuk Menu Makanan
TRIBUN JATENG/FAIZAL AFFAN
Namira (pakai syal&baju; hitam) sedang mengajak tamu undangan untuk memetik sayuran hidroponik yang ditanam di belakang Atoz Bar Wine & Bressire. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Faizal M Affan

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Berkebun dengan cara hidroponik, bukan merupakan hal baru lagi di Indonesia.

Di beberapa tempat, bahkan sudah mengembangkan teknik penanaman seperti ini dengan skala yang besar.

Tetapi di Semarang, ada satu resto yang mengembangkan teknik penanaman hidroponik untuk kebutuhan sayuran mereka.

Atoz Bar Wine & Brasserie yang berada di Jalan Sumbing no 8/10, Gajahmungkur, Semarang ini, mulai hari ini (11/1/2018), sudah menggunakan bahan baku sayuran yang mereka tanam sendiri melalui sistem hidroponik.

Widi, pemilik Bumi Wiratama Farm yang bekerjasama dengan Atoz Bar Wine & Brasserie, menyatakan, jika sistem tanam hidroponik bisa dilakukan untuk seluruh jenis tanaman.

"Tapi, metode hidroponik bukan hanya menumbuhkan tanaman saja. Karena, juga harus ada unsur user frendly dan recurring (perputaran)," bebernya kepada Tribunjateng.com.

Kedua tamu undangan sedang memotong sayuran menggunakan gunting setelah dicuci bersih untuk segera disantap, Kamis (11/1/2018)
Kedua tamu undangan sedang memotong sayuran menggunakan gunting setelah dicuci bersih untuk segera disantap, Kamis (11/1/2018) (TRIBUN JATENG/FAIZAL AFFAN)

Tujuan Atoz Bar Wine & Brasserie menanam sayur secara hidroponik, yakni untuk menjamin kesegaran dan kebersihan sayuran yang mereka olah. Supaya, masakan yang dihidangkan kepada pelanggan terjaga gizinya.

"Sayuran yang ditanam secara hidroponik ini, tidak hanya untuk salad saja. Namun juga untuk segala masakan yang membutuhkan sayuran," ucap Executive Chef Christfian Nehemia, di sela-sela acara Coaching Clinic Hidroponik Farm.

Untuk sementara, sayuran yang ditanam secara hidroponik yakni, ada selada merah, selada hijau, oakleaf merah, daun mint, oakleaf hijau, dan lolorosa. Dalam kesempatan ini, Atoz Bar Wine & Brasserie juga mengenalkan paket All You Can Eat yang bertema "Salatarian".

"Dalam paket Salatarian, konsumen bisa langsung memetik sayuran di media tanam hidroponik. Sehingga, mereka bisa memilih sendiri sayuran yang sesuai dengan selera masing-masing," terang Namira Fanessa, Marcomm Manager Atoz Bar Wine & Brasserie.

Di paket tersebut tidak hanya mendapatkan sayuran saja, tetapi juga ada pelengkap salad, berupa dressing caesar, honey mustard, ranch cocktail, vinegrate, O&V. Selain itu, ada pula wortel, tomat, timun, paprika, jagung manis, crotun, dan bacon sebagai tambahannya.

"Harga paket Salatarian hanya Rp 50 ribu, dan hanya ada di pukul 11.00 - 15.00 WIB setiap harinya," pungkas Namira.(*)

Penulis: faisal affan
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help