Pilkada 2018

Jelang Pilkada Jateng, Polresta Solo Buka Posko anti-Black Campaign

Menjelang Pilkada Jateng 2018 ini, Polresta Solo membentuk posko Satuan Petugas (Satgas) anti black campaign, atau kampanye hitam

Jelang Pilkada Jateng, Polresta Solo Buka Posko anti-Black Campaign
Tribun Jateng/akbar hari murti
AKBP Andy Rifai sedang mengecek tim satgas anti black campaign di TMC Mako 2 Polresta Solo, Jumat (12/1/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akbar Hari Mukti

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Menjelang Pilkada Jateng 2018 ini, Polresta Solo membentuk posko Satuan Petugas (Satgas) anti black campaign, atau kampanye hitam.

Adapun posko anti black campaign tersebut bergabung dengan Traffic Management Centre (TMC), pusat pengendalian kamera CCTV, di Mako 2 Polresta Solo.

Wakapolresta Solo, AKBP Andy Rifai memaparkan pembentukan posko anti black campaign ini dilakukan dalam rangka untuk menyukseskan gelaran Pilkada Jateng 2018 serta Pilpres 2019.

"Tim ini untuk mengantisipasi jika ada pihak yang melakukan kecurangan dengan membagikan berita-berita bohong. Juga untuk yang gemar memfitnah dan memojokkan salah satu paslon, dan sebagainya di sosial media," jelas Andy saat ditemui saat memantau kegiatan tim di TMC, Jumat (12/1/2018).

Andy memaparkan sebanyak 16 perangkat komputer serta puluhan petugas pihaknya siagakan 24 jam non stop dengan sistem kerja shift tiga kali.

Menurutnya tim anti black campaign ini bakal selalu berselancar di dunia maya untuk mengawasi setiap media sosial, terutama grup-grup yang selalu menyinggung isu SARA hingga pelecehan terhadap golongan atau kelompok tertentu.

"Intinya seluruh tim melakukan cyber patrol atau patroli dunia maya, mengawasi pergerakan kampanye Pilkada dan Pilpres," tuturnya.

Lebih jauh Andy menjelaskan pihaknya akan menindak oknum-oknum hingga kelompok-kelompok yang terbukti melakukan kampanye negatif. Selain mencari dengan cara berselancar, laporan dan aduan dari masyarakat yang membuat masyaraat resah terkait black campaign bakal pihaknya tindaklanjuti.

"Pembentukan tim Satgas ini adalah perintah Bapak Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian dan tentu hasil kerjasama dengan Panwaslu, kita awasi jalannya hingga proses Pilkada supaya berjalan lancar," ungkap Andy. (*)

Penulis: akbar hari mukti
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help