TribunJateng/

SBMPTN 2018, H-3 Dibuka Pendaftaran Program Bidikmisi, Ingin Kuliah Gratis? Ini Cara Mendaftarnya

Kemenristekdikti Republik Indonesia, Jumat (12/1/2018) siang telah meluncurkan program penerimaan mahasiswa baru

SBMPTN 2018, H-3 Dibuka Pendaftaran Program Bidikmisi, Ingin Kuliah Gratis? Ini Cara Mendaftarnya
tribunjateng/dok
FOTO DOKUMEN try out 

TRIBUNJATENG.COM - Kementerian Riset Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Republik Indonesia, Jumat (12/1/2018) siang telah meluncurkan program penerimaan mahasiswa baru melalui dua jalur yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Dalam peluncurannya laman resmi SBMPTN 2018, pemerintah kembali membuka program bidikmisi.

Seperti tahun sebelumnya, bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan, berbeda dari beasiswa yang berfokus pada memberikan penghargaan atau dukungan dana terhadap mereka yang berprestasi.

Namun, program ini berfokus pada mereka yang memiliki keterbatasan kemampuan ekonomi.

Dilansir TribunStyle.com dari laman resmi SBMPTN 2018, sbmptn.ac.id , pendaftaran bidikmisi akan mulai dibuka pada Senin (15/1/2018) pukul 15.00 mendatang.

Berikut langkah-langkah mendaftarnya.

1. Calon peserta penerima Bidikmisi terlebih dahulu harus mempelajari prosedur pendaftaran program Bidikmisi melalui laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id.

2. Calon peserta penerima Bidikmisi terlebih dahulu harus mendaftar ke laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id.

3. Calon peserta penerima Bidikmisi yang dinyatakan memenuhi persyaratan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti akan memperoleh Kode Akses Pendaftaran (KAP) dan Personal Indentification Number (PIN) untuk mendaftar SBMPTN 2018 dan tidak harus membayar biaya seleksi.

4. Calon peserta penerima Bidikmisi yang dinyatakan tidak diterima melalui SNMPTN 2018, dapat menggunakan KAP dan PIN (yang diperoleh dari Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti) untuk mendaftar SBMPTN 2018, tanpa harus membayar biaya seleksi.

5. Calon peserta penerima Bidikmisi yang telah dinyatakan lulus melalui SNMPTN 2018 dan berkeinginan untuk mendaftar SBMPTN 2018, maka calon peserta harus memperoleh KAP dan PIN baru melalui laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id.

6. Selanjutnya, calon peserta harus mendaftar SBMPTN 2018 melalui laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id dengan menggunakan KAP dan PIN baru untuk memperoleh slip pembayaran guna membayar biaya seleksi SBMPTN 2018 ke Bank Mandiri, BNI, atau BTN.
Bidikmisi merupakan kesempatan besar untuk tetap melanjutkan kuliah tanpa dipungut biaya apapun.

Jadi, jangan sampai melewatkan kesempatan ini.

Selamat mencoba, semoga beruntung! (TribunStyle.com/ Salma Fenty Irlanda)

Tags
SBMPTN
Editor: galih permadi
Sumber: TribunStyle.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help