Pilgub Jateng

Berangkat Periksa Kesehatan Balon Gubernur, Ganjar Naik Sepeda

Yang menjadi perhatian, ternyata salahsatu balon gubernur Ganjar Pranowo datang dengan naik sepeda balap.

Berangkat Periksa Kesehatan Balon Gubernur, Ganjar Naik Sepeda
M Nur Huda

Laporan Wartaan Tribun Jateng, M Nur Huda

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Para kandidat bakal calon gubernur dan wakil gubernur di Pilgub Jateng, kembali mengikuti tes kesehatan hari kedua di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr Kariadi Semarang, Sabtu (13/1/2018).

Yang menjadi perhatian, ternyata salahsatu balon gubernur Ganjar Pranowo datang dengan naik sepeda balap.

Ganjar tiba dengan sepedanya bersama istrinya Siti Atikoh Supriyanto pukul 07.00. Setelah memarkir sepeda di teras Paviliun Garuda, Ganjar pamit dengan mencium pipi istrinya. Ganjar kemudian masuk gedung sedangkan Atikoh melanjutkan gowes.

Kepada wartawan yang menunggu di Paviliun Garuda, Ganjar mengatakan datang dengan bersepeda karena sekalian berolahraga. Ia memang rajin gowes keliling kota setiap Jumat, Sabtu, dan Minggu.

Dari rumah dinas gubernur Puri Gedeh, Ganjar bersepeda ke arah Semarang Barat. Ia sempat berhenti dan mengecek kondisi Kanal Banjir Barat sebelum melanjutkan perjalanan menuju RSUP dr Kariadi.

"Kalau Jumat saya keliling sepedaan dulu sebelum ke kantor, hari ini tadi sama keliling dulu sebelum ke sini (RSUP dr Kariadi)," katanya sembari berjalan menuju ruang pemeriksaan.

Sesuai jadwal dari KPU Jateng, hari ini dilakukan pemeriksaan kesehatan jasmani atau fisik. Pemeriksaan berlangsung dua sesi yakni pukul 07.00-12.00 dan 13.00-15.00.

Ganjar mengaku siap menjalani seluruh tes hari ini. "Ya siap saja, mau kan uwis olahraga jadi ya sehat lah," ujarnya.

Kepala Bidang Pelayanan Medis RSUP Dr Kariadi Semarang dr Nurdopo Baskoro mengatakan, selama dua hari para calon akan menjalani pemeriksaan psikologi dan neurologi.

Sedangkan pemeriksaan bebas narkoba yang dilakukan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jateng, juga dipusatkan di RSUP dr Kariadi dan telah dilakukan Junat (12/1/2018) kemarin.

Pemeriksaan lainnya yang lebih menyeluruh menyangkut kesehatan para calon dan dilakukan hari ini, lanjut Nurdopo, meliputi pemeriksaan riwayat kesehatan dan pemeriksaan jasmani mengenai penyakit dalam, jantung, paru dan bedah (onkologi).

Selain itu, pemeriksaan lainnya adalah urologi, orthopedi, obstetri ginekologi, mata, THT, gigi dan mulut. Kemudian pemeriksaan penunjang lainnya meliputi ultrasonoghrapy (USG), foto rontgen toraks, spirometri dan audiometri nada murni. Sedangkan untuk calon perempuan, ditambah pemeriksaan USG transvaginal.

Lebih lanjut Nurdopo menjelaskan, seluruh pemeriksaan kesehatan para calon nantinya akan diserahkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng.(*)

Penulis: m nur huda
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved