TribunJateng/

Dimas: Ternyata di Jawa Tengah, ada Kelenteng Semegah Ini

Kelenteng Sam Poo Kong dulunya merupakan tempat persinggahan dan pendaratan pertama seorang Laksamana Tiongkok

Dimas:  Ternyata di Jawa Tengah, ada Kelenteng Semegah Ini
Hermawan Handaka

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Hermawan Handaka

TRIBUNJATENG.COM - Kelenteng Sam Poo Kong dulunya merupakan tempat persinggahan dan pendaratan pertama seorang Laksamana Tiongkok yang bernama Zheng He / Cheng Ho.

Sam Poo Kong selain merupakan tempat ibadah dan ziarah juga merupakan tempat wisata yang menarik untuk di kunjungi di Kota Semarang.

Salah satu wisatan asal Pekalongan, Dimas mengungkapkan kekagumannya dengan bagunan Kelenteng ini.

"Ya..kebetulan saya datang bersama keluarga dari Pekalongan. Tujuannya di Semarang selain mengunjungi beberapa tempat wisata sekalian ke tempat saudara, mumpung libur jadi bisa sekalian jalan-jalan. Mungkin ini pengalaman pertama saya, ternyata di Jawa Tengah ada Kelenteng semegah ini, iya sih saya baru pertama masuk ke Sam Poo Kong menurut saya bagunanya luar biasa berasa seperti di Cina", ujarnya sambil sedikit tertawa.

Komplek Klenteng Sam poo Kong sendiri terdiri atas sejumlah anjungan yaitu Klenteng Besar, gua Sam Po Kong, Klenteng Tho Tee Kong, dan empat tempat pemujaan.

Klenteng Besar dan gua merupakan bangunan yang paling penting dan merupakan pusat seluruh kegiatan pemujaan.

Selain berwisata pengunjung juga bisa belajar tentang sejarah masuknya Islam di Semarang
Sedikit mengulas Laksamana Cheng Ho, dia adalah seorang muslim dan pelaut yang berlayar ke berbagai negara antara tahun 1405 hingga 1433.

Sejarahnya, Cheng Ho pernah berlayar ke Jawa, Palembang, Malaka, Arab, India, dan konon hingga ke Amerika. Dia berlayar bukan untuk berperang demi menaklukan suatu daerah, tapi untuk perdamaian dan menjalin persahabatan dengan kerajaan-kerajaan yang dikunjunginya. (*)

Penulis: Hermawan Handaka
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help