Airport Corner

Pembangunan Terminal Bandara Baru Hampir Mencapai 30 Persen

Satuan kerja pengembangan Bandara Ahmad Yani, Toni Alam menuturkan progres pengembangan terminal Bandara per 1 Desember 2017

Pembangunan Terminal Bandara Baru Hampir Mencapai 30 Persen
TRIBUN JATENG/RAHDYAN TRIJOKO PAMUNGKAS
Pekerja pengembangan terminal Bandara baru sedang mengelas instalasi di dalam terminal, Jumat (12/1). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Proyek pengembangan terminal Bandara Ahmad Yani terus dilakukan percepatan.

Satuan kerja pengembangan Bandara Ahmad Yani, Toni Alam menuturkan progres pengembangan terminal Bandara per 1 Desember 2017 telah mencapai 29,3 persen dari target fisik 30 persen. Hal ini telah dilakukan percepatan dari rencana target 20,2 persen.

"Sudah terjadi deviasi 9,1 persen di atas rencana," tuturnya, Jumat (12/1).

Dikatakannya, pengerjaan struktur baja hampir selesai semua. Saat ini struktur baja yang masih dikerjakan di bagian sayap kiri terminal Bandara atau area check in.

"Termasuk untuk kontruksi beton lantai sampai lantai tiga sudah dicor semua. Untuk rangka atap di sisi barat atau kedatangan sudah terpasang semua," terangnya.

Toni mengatakan, saat ini telah melakukan penyekatan ruangan untuk area komersil dan area toilet. Sekarang dinding toilet telah dikeramik.

"Lantai sebagaian besar sudah terpasang terutama di lantai satu. Karena jika ditargetkan harus beroperasi Maret maka yang dioperasikan lantai satu semua. Jadi lantainya harus jadi semua kecuali area komersil yang menyelesaikan konsensioner masing-masing," ujarnya.

Selanjutnya, seluruh intalasi mekanikal, dan elektrikal telah mulai terpasang. Setelah seluruh instalasi terpasang, pihaknya akan segera memasang plafon untuk lantai satu.

"Penggantung plafon saat ini telah mulai terpasang," tutur dia.

Menurutnya, pihaknya juga menggandeng PDAM dalam hal penyediaan air bersih. Selain itu, pihak Bandara juga menyediakan water management untuk mencukupi ketersedian air yang digunakan operasional Bandara.

"Air itulah dari water pounding yang nantinya akan diproses untuk penggelontoran di toilet dan penyiraman tanaman," jelasnya.

Garbarata, kata dia, dalam kontrak terdapat tiga buah. Namun untuk memenuhi target operasional di Maret 2018 harus menyelesaikan satu garbarata terlebih dahulu.

"Garbarata itu nanti akan dipasang disisi bagian barat. Target Garbarata akan dipasang akhir Februari," kata dia.

Ia mengatakan, target 30 persen pembangunan terminal Bandara akan terealisasi pekan depan. Dia menargetkan terminal Bandara baru dapat beroperasional setelah fisik bangunan mencapai 60 persen.

"Fisik ini sudah lebih dari 29 persen. Namun ada istilahnya material onside untuk equipment, misal alat sillernya datang. Kalau belum terpasang kami belum hitung," tandasnya. (*)

Penulis: rahdyan trijoko pamungkas
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved