Harga Emas Antam Naik, Ini Faktornya

Awal tahun 2018 perkembangan investasi emas di Provinsi Jawa Tengah terus alami peningkatan yang cukup signifikan.

Harga Emas Antam Naik, Ini Faktornya
TRIBUN JATENG/ALEXANDER DEVANDA WISNU
Customer service saat menunjukkan emas batangan yang ada di PT Antam Semarang 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Alexander Devanda Wisnu P

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Awal tahun 2018 perkembangan investasi emas di Provinsi Jawa Tengah terus alami peningkatan yang cukup signifikan.

Investor emas pada tahun 2017 meningkat mencapai 15 persen.

Hal tersebut disebabkan oleh masyarakat pintar dalam menginvestasikan uang yang mereka miliki untuk kebutuhan pada masa depan.

Marketing Representatif PT Antam Semarang Yulianto menuturkan, tahun 2018 merupakan momentum bagus bagi para investor yang akan membeli emas batangan, sebab harga fluktuatif dan terus naik secara signifikan.

"Awal tahun investasi emas tumbuh positif hal tersebut dibuktikan, dengan banyaknya investor baru yang mulai membelanjakan uang mereka dalam jumlah banyak demi mendapatkan emas batangan. Tahun lalu jumlah investor emas di Jateng meningkat 15 persen, tentunya menggembirakan sebab masyarakat sadar akan investasi jangka panjang," ujar Yulianto pada Selasa (16/1/2018).

Tren kenaikan harga emas dipengaruhi oleh harga emas dunia dimana setiap jam terus mengalami peningkatan. Namun faktor yang memperngaruhi penurunan harga emas seperti pergerakan rupiah terhadap dollar Amerika yang melemah.

Selain itu, krisis yang dialami Korea Utara cukup mempengaruhi harga emas dunia sehingga saat itu harga emas sempat naik Rp 4 ribu pergram.

Kenaikan harga emas rata - rata berkisar antara Rp1000 - 2 ribu tergantung dengan nilai rupiah terhadap dollar Amerika serta harga emas dunia. Disisi lain pertumbuhan ekonomi juga menjadi salah satu penyebab naik turunnya harga emas batangan.

"Harga emas itu fluktuatif saat ini harga emas per gram, berkisar diangka Rp 634 ribu atau US 43.10 dollar sedangkan untuk emas batangan diharga US 1,30.56 dollar per troy ounce," tambahnya.

Menurutnya, pembeli emas di Antam Semarang kebanyakan, dari beberapa toko emas dan juga perusahaan swasta yang membeli emas cukup banyak dapat mencapai 100 gram setiap kali beli emas.

"Untuk toko emas biasanya mereka melihat harga emas terlebih dahulu, sebelum melakukan transaksi pembelian kebanyakan memesan dahulu. Toko emas yang biasa membeli emas batangan, biasanya berasal dari berbagai daerah yakni Semarang, Kudus serta Jepara.," jelasnya.

Sementara untuk target pada tahun lalu hanya 12 ton emas batangan, namun tahun ini cukup berat mengingat manajemen Antam menargetkan setiap cabang bisa menjual emas batangan sebanyak 24 ton.

"Target tahun ini bisa menjual 24 ton nampaknya akan terealisasi, sebab diperkirakan tahun ini akan bermunculan para investor baru yang tentunya mendongkrak penjualan emas batangan pada PT Antam," pungkasnya.

Penulis: Alexander Devanda Wisnu P
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help