Pilkada 2018

Antisipasi Pemilih Ganda KPU Kota Pekalongan Datangi Satu Persatu Rumah Warga

KPU Kota Pekalongan melakukan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) guna pemutakhiran data pemilih untuk Pilkada 2018 Sabtu (20/1/2018).

Antisipasi Pemilih Ganda KPU Kota Pekalongan Datangi Satu Persatu Rumah Warga
tribunjateng/budi susanto
COKLIT - Petugas Petugas Pemutakhiran Data Pemilih dari KPU datangi Rumah Dinas (Rumdim) Walikota Pekalongan, Sabtu (20/1). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Budi Susanto

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - KPU Kota Pekalongan melakukan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) guna pemutakhiran data pemilih yang akan digunakan untuk Pilkada 2018, Sabtu (20/1/2018).

Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dari KPU Kota Pekalongan melakukan Coklit dengan mendatangi satu persatu rumah warga hingga 18 Februari mendatang.

Hal tersebut dilakukan KPU, karena di 171 daerah se-Indonesia serantak melakukan Coklit guna mempersiapkan Pilkada.

Dikatakan Ketua Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kota Pekalongan Sugiharto, Coklit dilakukan untuk memastikan hak pilih warga Pekalongan.

"PPDP akan mendatangi satu persatu rumah warga untuk pencocokan data, karena petugas berpedoman pada data e-KTP, jadi warga yang berdomisili di Pekalongan benar-benar mendapatkan hak pilihnya," ujarnya.

Sugiharto menambahkan warga yang berasal dari luar Pekalongan dan tidak terdata domisili di Pekalongan tidak punya hak pilih saat berlangsungnya Pilkada di Pekalongan, melainkan di daerah masing-masing.

"Saya berharap petugas yang mendatangi rumah warga teliti dan jujur agar pelaksanaan pemutkhiran data guna persiapan Pilkada berjalan lancar," paparnya.

Sementara itu Ketua DPRD Kota Pekalongan Balqis Diab menerangkan kegiatan tersebut diselenggarakan serentak di tingkat nasional agar mantinya data pemilih benar-banar valid.

"Coklit dilakukan agar tidak ada data ganda, jadi supaya pemilih yang sudah datang di TPS, tidak bisa datang lagi ke TPS lain," kata Balqis Diab.

Balqis Diap: Saya Tidak Punya Syahwat Jadi Wali Kota Pekalongan
Ketua DPRD Kota Pekalongan Balqis Diab (tribunjateng/dok)

Pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan teraebut, karena nantinya data yang sudah terkumpul akan digunakan untuk Pilkada dan Pemilihan Presiden (Pilpres) mendatang.

"Mengingat pentingnya pencocokan data, kami berharap masyarakat bisa membantu petugas yang datang kerumah-rumah warga, agar pengumpulan dan pemutakhiran data bisa maksimal," pungkasnya. (*)

Penulis: budi susanto
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help