Kanjeng Ratu Kidul Fakta atau Mitos? Ini Hasil Diskusinya di Pakualaman

"Ini yang agak sulit dan abstrak dipahami. Apalagi oleh orang zaman sekarang," jelasnya

Kanjeng Ratu Kidul Fakta atau Mitos? Ini Hasil Diskusinya di Pakualaman
Tribun Jogja/ Setya Krisna Sumargo
Dialog budaya di Bangsal Kepatihan Pakualaman, Jumat (19/1/2018) malam. 

TRIBUNJATENG.COM, YOGYA - Pertanyaan Kanjeng Ratu Kidul itu fakta atau mitos, jadi pembicaraan seru pada dialog budaya di Bangsal Kepatihan Pakualaman, Jumat (19/1/2018) malam.

Dialog yang diikuti puluhan pegiat dan peminat sejarah budaya menghadirkan Ki Juru Bangunjiwo, seorang budayawan Jawa serta ahli di bidang perkerisan.

Dialog budaya ini diinisiasi Puro Pakualaman dan merupakan kegiatan rutin setiap bulan. Juru bicara Puro Pakualaman, KPH Kusumoparastro memberi pengantar dialog.

Narasumber Ki Juru Bangunjiwo ketika ditanya Kanjeng Ratu Kidul itu fakta atau mitos? Ada atau tidak? Ia menjawab sosok itu ada menurut keyakinannya.

"Ada, tapi saya sendiri belum pernah melihat sosoknya. Dari sudut pandang budaya Jawa, ada banyak hal yang bisa menjelaskan. Tapi memang tidak mudah tiap orang mempercayainya," kata Ki Juru Bangunjiwo.

Pemilik nama asli Sugeng Wiyono ini menyebut salah satu yang bisa jadi rujukan adalah pitutur leluhur berdasar naluri orang-orang kuno.

"Ini yang agak sulit dan abstrak dipahami. Apalagi oleh orang zaman sekarang," jelasnya.

Dalam pandangan Sugeng Wiyono, cerita tentang Kanjeng Ratu Kidul merupakan pencapaian atau hasil akhir pencarian spiritual jangka panjang Raja Mataram, terutama Panembahan Senopati.

Dalam kisah-kisah tradisional Jawa, diceritakan Panembahan Senopati ketika mendirikan Keraton Mataram di Alas Mentaok melewati proses spiritual yang tidak mudah.

"Dia melatih hidupnya dalam suasana doa dan mati raga. Beliau melakukan "topo ngeli" di derasnya Kali Opak ditemani gethek atau rakit bambu hingga pantai selatan.

Halaman
123
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help