Kasus Asusila

Pemkab Semarang Siapkan Psikolog untuk Pelaku Video Mesum Pelajar

Pendampingan dilakukan untuk meminimalisasi dampak psikologis kedua pelaku yang masih tergolong anak-anak.

Pemkab Semarang Siapkan Psikolog untuk Pelaku Video Mesum Pelajar
tribunjateng/amanda
Pemkab Semarang Siapkan Psikolog untuk Pelaku Video Mesum Pelajar 

TRIBUNJATENG.COM, UNGARAN - Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana (DPPPAKB) Kabupaten Semarang menerjunkan tim untuk mendampingi pelaku video mesum pelajar yang sempat viral baru-baru ini. Pendampingan dilakukan untuk meminimalisasi dampak psikologis kedua pelaku yang masih tergolong anak-anak.

"Rencana siang ini kami akan menjangkau, assessment ke pemerannya karena dua-duanya sama-sama anak. Jadi kami dampingi selama prosesnya," kata Virgina Orchid, petugas pendamping dari Pusat Pelayanan Terpadu (PPT) Dinas Pemberdayaan Perempuan Pelayanan Anak dan Keluarga Berencana Kabupaten Semarang, Selasa (23/1) siang.

Menurut Virginia, tim pendamping terdiri dari tiga orang yang akan bekerja hingga proses hukum yang tengah dilakukan oleh Polres Semarang terkait penyebaran video mesum pelajar tersebut selesai.

"Kadang kan anak merasa takut kalau diperiksa polisi meski mereka tidak pakai baju polisi, nanti kami motivasi," ujarnya.

Selama pendampingan, terbuka kemungkinan keduanya akan diperiksa seorang psikolog untuk pemulihan kondisi kejiwaannya. Pendampingan psikologi ini akan dilakukan secara berkala hingga kondisi kejiwaannya bagus.

"Tidak bisa sekali pertemuan, bisa empat sampai lima kali pertemuan. Tergantung dari hasil pemeriksaannya psikolognya nanti," imbuh Virginia.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Semarang AKP Yusi Andi Sukmana mengatakan, terkait perkembangan penyelidikan kasus ini, pihaknya sudah mengklarifikasi pelapor dan saksi. Saat ini, pelapor dan pelaku masih berstatus saksi dan belum ditetapkan sebagai tersangka.

"Kasus ini merupakan kasus terkait pornografi pertama di wilayah kerja Polres Semarang," ujarnya pada Tribun Jateng.

=============================
- Kasus video mesum siswa di kabupaten Semarang masih berlanjut
- Pemkab Semarang turun tangan dampingi pelaku video mesum pelajar
- Kasatreskrim Polres Semarang, AKP Yusi Andi segera panggil pelapor
=============================

Selain melakukan penyelidikan terkait kasus ini, ia pun mengimbau pada masyarakat untuk menghindari perbuatan yang merugikan nama baik diri sendiri, keluarga, maupun lingkungan tempat tinggal. Hindari aktivitas yang tidak baik dan tidak sopan, apalagi mempublikasikan hal tersebut ke khalayak ramai.

Halaman
12
Penulis: amanda rizqyana
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help