Pilkada 2018

Dandim Kudus Tegaskan Anggotanya Dilarang Mendukung Calon Tertentu

“Kami ikut melaksanakan kegiatan pengaman Pilbup maupun Pilgub yang akan dilaksanakan nanti. Intinya kami netral,” kata Sentot

Dandim Kudus Tegaskan Anggotanya Dilarang Mendukung Calon Tertentu
Tribunjateng.com/Rifqi Gozali
Arahan dari Dandim 0722/Kudus kepada perwira di Makodim Kudus, Jumat (26/1/2018). Arahan tersebut menekankan agar personel TNI tetap netral dalam Pilkada serentak. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Rifqi Gozali

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS – Komandan Kodim 0722/Kudus Letkol Inf Sentot Dwi Purnomo menegaskan anggotanya dilarang terlibat dalam dukung-mendukung pasangan calon, baik dalam Pilbup Kudus maupun Pilgub Jateng 2018. Hal itu disampaikan langsung oleh Sentot di hadapan perwira Kodim Kudus di Markas Kodim Kudus, Jumat (26/1/2018).

“Kami ikut melaksanakan kegiatan pengaman Pilbup maupun Pilgub yang akan dilaksanakan nanti. Intinya kami netral,” kata Sentot.

Dia memastikan, tidak ada satu pun anggotanya yang terlibat dalam kegiatan politik atau mendukung satu di antara pasangan calon.

“Meskipun istri dan anak-anak kita memiliki hak pilih, namun haram menyuruh atau memilih salah satu calon. Persilahkan keluarga kita memilih sesuai dengan kehendak sendiri,” katanya.

Bagi personel TNI yang tebukti terlibat tidak netral, katanya, ada sanksi tersendiri. Namun dia tidak membeberkan sanksi apa yang akan dijatuhkan kepada prajurit TNI yang tidak netral.

“Kami ada sanksi sendiri. Tidak bisa saya sampaikan di sini,” katanya.

Tugas utama TNI, katanya, menjaga kondusifitas jalannya Pilkada. Ancaman-ancaman yang bakal terjadi, katanya, sejauh ini masih belum ada. Hanya, pihaknya tidak mau lengah dalam segala kondisi.

“Sampai saat ini masih belum ada ancaman. Yang paling berbahay itu ancaman dari luar bentuknya provokasi. Maka, kami tetap pasang mata dan telinga untuk tetap mengawasi,” ujarnya.

Dia juga menekankan kepada seluruh personel agar ikut andil dalam pengamanan dan ketertiban masyarakat. Yang mana dalam hal ini akan kerja sama dengan jajaran dari kepolisian.

“Selalu bersinergi dengan Polri, agar tetap kompak dan solid dalam menghadapi segala bentuk ancaman maupun gangguan baik dari dalam maupun dari luar,” tandasnya. (*)

Penulis: Rifqi Gozali
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help