Pilkada 2018

KPU Kudus Targetkan 77.5 Persen DPT Mencoblos

“Ini masih tahapan tahapan Coklit. Jadi DPT masih belum diketahui,” kata Khanafi, Jumat (26/1/2018)

KPU Kudus Targetkan 77.5 Persen DPT Mencoblos
YOUTUBE
Ketua KPU Kudus Khanafi 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Rifqi Gozali

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kudus menargetkan 77.5 persen dari daftar pemilih tetap (DPT) untuk ikut memilih pada Pilbup Kudus, dan Pilgub Jateng.

Moh Khanafi, Ketua KPU Kudus mengatakan, jumlah DPT Kudus sampai saat ini masih belum diketahui, karena masih dalam tahapan pencocokan dan penelitian (Coklit) oleh petugas KPU.

“Ini masih tahapan tahapan Coklit. Jadi DPT masih belum diketahui,” kata Khanafi, Jumat (26/1/2018).

Dia mengatakan, target sebanyak 77.5 persen itu disesuaikan dengan patokan target dari KPU pusat. Pihaknya juga telah melakukan berbagai sosialisasi untuk dapat memenuhi target.

“Memang dari KPU pusat yang ditargetkan 77.5 persen DPT ikut memilih. Harapannya bisa terpenuhi bahkan lebih,” katanya.

Jumlah DPT di Kabupaten Kudus, katanya, terakhir sebanyak 604.305 saat Pilpres 2014. Jumlah tersebut diperkirakan akan mengalami kenaikan sebanyak 40 ribu. Hal itu didasarkan atas meningkatnya jumlah pemilih pemula serta alih status TNI maupun Polri.

“Tapi yang paling mendominasi kenaikan DPT yaitu pemilih pemula,” katanya.

Dia mengatakan, jumlah DPT akan diketahui setelah tahapan Coklit selesai. Pihaknya berharap tahapan Coklit bisa berjalan dengan lancar, karena hal itu sangat berpengaruh terhadap validitas jumlah DPT yang berhak memilih pada pesta demokrasi lima tahunan.

“Sejauh ini tahapan Coklit oleh petugas di lapangan masih belum ada kendala yang berarti. Kendala-kendala yang ditemui sejaub ini wajar-wajar saja. Misalnya ada orangnya dan punya hak pilih tapi tidak terdata,” katanya. (*)

Penulis: Rifqi Gozali
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help