TribunJateng/

TIPS Cara Untuk Perkecil Aksi Pencurian Motor Anda Saat Parkir

Namun ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meminimalisir kemungkinan motor dicuri.

TIPS Cara Untuk Perkecil Aksi Pencurian  Motor Anda Saat Parkir
Kompas.com

TRIBUNJATENG.COM - Memasang perangkat pengaman tambahan cukup banyak dilakukan oleh pemilik sepeda motor. Tujuannya tentu saja mencegah kendaraannya tersebut dicuri.

Namun ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meminimalisir kemungkinan motor dicuri.

Ditemui Kompas.com, Jumat (26/1/2018), Kepala Bengkel Resmi AHASS PT Murni Motor Bogor Haryanto membeberkan cara-cara tersebut:

1. Kunci Setang ke Kanan

Posisi kunci setang ke kanan dinilai lebih aman meminimalisir pencurian. Sebab dianggap bisa menyulitkan maling untuk beraksi.

Pengecualian untuk motor sport, posisi setang motor ke kanan membuatnya menjadi sedikit menutup lubang kunci. Sehingga cukup menyulitkan untuk memasukan kunci T.

Menurut Haryanto, posisi setang ke kanan lebih membuat maling menghabiskan waktu yang lebih banyak untuk membobol kunci motor.

Berbeda halnya jika posisi setang dikunci ke kiri. Di posisi ini, lubang kunci tidak tertutup oleh setang. Sehingga waktu untuk membobol lubang kunci relatif lebih cepat.

Setang sepeda motor yang ditengokkan ke kanan (khusus untuk motor Honda) dan dikunci, cukup merepotkan maling karena tak leluasa menjangkau lubang kunci.(Otomania-Donny Apriliananda)

2. Copot CDI

CDI adalah kepanjangan dari capacitor discharge ignition. Ini adalah alat yang berfungsi untuk menjalankan proses pengapian pada motor dengan sistem karburator.

Halaman
123
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help