Pilgub Jateng

KPU Salatiga Gelar Sosialisasi Pilgub Jateng 2018 di Lapas

"Seperti yang dijelaskan KPU tadi, harus ada e-KTP atau KK, jadi biar nanti keluarga yag mengurus," jelasnya

KPU Salatiga Gelar Sosialisasi Pilgub Jateng 2018 di Lapas
Tribunjateng.com/Ponco Wiyono
Komisioner KPU Salatiga Suyit Mujirno menjadi pemapar dalam kegiatan yang dihadiri oleh ratusan penghuni lapas Lapas II B pada selasa (30/1/2018). 

Laporan wartawan Tribun Jateng, Ponco Wiyono

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Komisi Pemilihan Umum Kota Salatiga menggelar sosialisasi Pilgub Jawa Tengah 2018 di Lapas II B pada selasa (30/1/2018).

Komisioner KPU Salatiga Suyit Mujirno menjadi pemapar dalam kegiatan yang dihadiri oleh ratusan penghuni lapas itu.

Diwawancarai usai memberikan penjelasan perihal pentingnya pilkada, Suyit mengatakan penghuni lapas tergolong sebagai pemilih berkebutuhan khusus.

"Seperti kalangan pekerja pabrik, tambang, dan rumah sakit, mereka ada yang tidak bisa meninggalkan tempatnya selama putaran pemilu dan pemungutan suara. Sehingga kamilah yang datang kepada mereka," kata Suyit.

Seorang penghuni lapas bernama Andreas mengatakan tahun ini ia tak ingin menyia-nyiakan kesempatan berandil dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur di provinsinya ini.

Maka dari itu ia merasa terbantu dengan adanya sosialisasi dari KPU di lapas.

"Kami jadi tahu tahapan-tahapannya. Cuma sekarang pertanyaan kami apakah akan ada kampanye ke sini juga, karena kami juga perlu tahu sosok para calon," ujarnya.

Kepala Sub-Seksi Pelayanan Tahanan Dwi Murdanto pada kesempatan itu menambahkan, ada 26 orang yang masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk pemilu kali ini.

Rinciannya adalah 24 orang laki-laki dan dua orang perempuan, dan pihak lapas disebut Dwi sedang berkoordinasi terkait pengumpulan syarat-syarat untuk bisa memberikan suara.

"Seperti yang dijelaskan KPU tadi, harus ada e-KTP atau KK, jadi biar nanti keluarga yag mengurus," jelasnya.

TPS yang akan dipakai para penghuni lapas nanti adalah TPS 35 yang statusnya khusus. Dwi mengharapkan kontribusi optimal dari para penghuni lapas dalam pilkada nanti.

"Pasti ada yang berpikiran ah untungnya buat saya apa. Tapi juga ada yang peduli, jadi mereka berkomitmen terlibat," tuntasnya. (*)

Penulis: ponco wiyono
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help