Dongkrak Kunjungan Wisatawan di Awal Tahun, Pemprov Luncurkan Jateng Wow

Dongkrak Kunjungan Wisatawan di Awal Tahun, Pemprov Luncurkan Jateng Wow. Program ini digelar sampai Maret 2018 mendatang.

Dongkrak Kunjungan Wisatawan di Awal Tahun, Pemprov Luncurkan Jateng Wow
TRIBUNJATENG/M NUR HUDA
JATENG WOW - Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, memukul perkusi sebagai penanda diluncurkannya program Jateng Wow. Acara digelar di Wisma Perdamaian Semarang, Selasa (30/1/2018) malam. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Nur Huda

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Sebagai upaya mendongkrak kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara ke Jawa Tengah di awal tahun, Pemerinth Provinsi Jawa Tengah meluncurkan program promosi Jateng Wow. Program ini digelar sampai Maret 2018 mendatang.

Peluncuran Jateng Wow, dilaksanakan di gedung Wisma Perdamaian Semarang, Selasa (30/1/2018) malam, ditandai dengan pemukulan perkusi oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Provinsi Jateng Urip Sihabudin, disaksikan para pegiat wisata.

Urip menjelaskan, Jateng Wow adalah untuk mendorong kunjungan pariwisata di awal tahun yang tradisinya mengalami low season. Program ini juga sebagai sarana memperkenalkan obyek wisata di Jateng selain Candi Borobudur, Karimunjawa, Sangiran, Dieng Plateu, Semarang City Tour.

Spot snorkeling di Menjangan Kecil Karimunjawa
Spot snorkeling di Menjangan Kecil Karimunjawa (Tribun Jateng/Khoirul Muzaki)

"Ada keringanan-keringanan yang diberikan oleh para pelaku usaha pariwisata. Misalnya hotel, transportasi, obyek wisata, kuliner, ada diskon sampai 40 persen," katanya.

Sedikitnya ada 148 pelaku usaha pariwisata yang terlibat. Terdiri dari 92 hotel dan resort, 8 restoran, 23 daya tarik wisata, 22 biro perjalanan wisata, 3 perusahaan jasa transportasi. Jumlah tersebut dipastikan akan bertambah karena masih banyak yang ingin terlibat.

Sejumlah model bepose di atas catwalk dalam acara launcing wisata kuliner Oude Stade di Kota Lama Semarang, Sabtu (30/12). (Tribun Jateng/Hermawan Handaka)
Sejumlah model bepose di atas catwalk dalam acara launcing wisata kuliner Oude Stade di Kota Lama Semarang, Sabtu (30/12). (Tribun Jateng/Hermawan Handaka) (Hermawan Handaka)

"Targetnya minimal 20 persen peningkatan jumlah wisatawan, kalau tahun kemarin dua juta dibulan low season maka ya harapannya bisa naik sampai tiga juta," ujarnya.

Pihaknya juga kerjasama dengan Asosiasi Biro Perjalanan Indonesia, untuk membuat paket-paket kunjungan wisata. Setidaknya udah ada 15 agen travel yang siap memasarkan dengan 40 paket yang tersebar ke seluruh Jateng.

"Harapan kita dengan rendahnya harga-harga yang ditawarkan, daya saing kita dengan provinsi lain lebih bagus. Kalau ini bagus, maka tahun depan akan didorong lebih bagus dan rencanakan tiap tahun," katanya.

Pengunjung Sikunir Dieng Berjubel Begini, Pemilik Homestay Kehabisan Kamar, 31 Desember 2016
Pengunjung Sikunir Dieng Berjubel Begini, Pemilik Homestay Kehabisan Kamar, 31 Desember 2016 (tribunjateng/khoirul muzaki)

Adapun, makna dari tagline Jateng Wow sendiri adalah kondisi Jateng yang sangat menarik, heboh, berbeda dengan provinsi lain. Wow singkatan dari Wonderful World, yakni jika ingin mendapat keindahan dunia maka datanglah ke Jawa Tengah.

Sementara Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Jateng Wow diharap menjadi daya ungkit pariwisata di Jateng. Sehingga selama masa low season pada Februari sampai Maret, pelaku industri pariwisata tetap survive.

"Saya usul ada even, bisa nggak bikin even bersama atau giliran antar hotel. Misalnya weekend saja, itu bisa dimulai akhir pekan ini, kalau ada silakan dilakukan. Kita akan promokan bersama-sama," katanya.

Candi Borobudur
Candi Borobudur (KOMPAS.COM/AMIR SODIKIN)

Selain itu, para pegiat wisata juga diminta mempublikasikan kegiatan pariwisata yang digelar tersebut sehingga bisa diketahui oleh masyarakat luas.

"Stelah launching Jateng Wow, harapan saya pegiat wisata tiap hari mempublikasikan even, dan lainnya. Semua arisan destinasi, tiap hari diceritakan, diskonnya berapa, acaranya dimana, dipublikasikan di medsos, tiap hari. Kalau itu dilakukan, maka akan jadi Jateng yang Wow," katanya.(*)

Penulis: m nur huda
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help