Ada 1.000 Desa Lebih di Jateng Miliki Potensi Wisata Unggulan, Kemenpar Dorong Homestay

Ada sekitar 1.000 desa lebih di kawasan Joglosemar (Jogja, Solo, Semarang) yang memiliki potensi wisata unggulan

Ada 1.000 Desa Lebih di Jateng Miliki Potensi Wisata Unggulan, Kemenpar Dorong Homestay
TRIBUN JATENG/LIKE ADELIA
Pengunjung berpose di papan nama kompleks Candi Gedong Songo di Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (23/12/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akhtur Gumilang

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Ada sekitar 1.000 desa lebih di kawasan Joglosemar (Jogja, Solo, Semarang) yang memiliki potensi wisata unggulan, baik dari segi kuliner, alam, maupun budaya.

Hal itu diungkapkan Tim Percepatan Pengembangan Homestay Desa Wisata Kementrian Pariwisata (Kemenpar), Anneke Prasyanti kepada Tribunjateng.com, Kamis (1/2/2018)

Maka dari itu, menurut Anneke, Kemenpar kini tengah mendorong masyarakat pedesaan, khususnya di daerah Jawa Tengah (Jateng) untuk membangun penginapan-penginapan atau homestay di desa yang kerap dikunjungi wisatawan.

Dengan hadirnya homestay, pemerintah berharap dapat meningkatkan kunjungan wisatawan di desa itu sekaligus perekonomian masyarakatnya juga.

“lebih mengarah ke community base tourism. Jadi, menggerakan komunitas guna meningkatkan perekonomian rakyat dengan cara memberdayakan masyarakat yang ada di desa melalui homestay," ujar Anneke, saat berada di Hotel Chanti, Semarang, Kamis (1/2/2018).

Bagi Anneke, adanya homestay dapat membuat masyarakat desa lebih berusaha menggali potensi wisata untuk menarik wisatawan.

Dalam hal ini, masyarakat pun akan berusaha membuat wisatawan itu betah tinggal di desanya, sembari menikmati berbagai atraksi wisata yang disuguhkan.

“Jadi wisatawan tidak hanya berkunjung terus pulang. Tapi, mereka akan berusaha untuk tinggal lebih lama di kawasan itu. Kan kalo seperti itu, aktivitas masyarakat desa juga lebih beragam,” tambahnya.

Kini, pihaknya baru melakukan pemetaan dengan bekerjasama ke dinas pariwisata setempat.

Tahun ini, Kemenpar menargetkan ada sekitar 3.500 unit kamar [homestay] yang dibenahi.

"Dari jumlah itu, sekitar 2,5 persen merupakan kamar baru,” tuturnya. (*)

Penulis: Akhtur Gumilang
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help