Ini Dia Prabowo Rektor Baru Unissula yang Baru saja Dilantik

Ir H Prabowo Setiyawan dilanktik jadi Rektor Unissula periode 2018-2022, Kamis (1/2/2018) oleh H Hasan Toha Putra

Ini Dia Prabowo Rektor Baru Unissula yang Baru saja Dilantik
tribunjateng/deni setiawan/ist
Rektor Unissula Periode 2018-2022 Prabowo Setiyawan saat menyampaikan paparan seusai dilantik di Aula Gedung Kuliah Bersama Lantai 10 Kampus Unissula Jalan Raya Kaligawe Km 4 Kota Semarang, Kamis (1/2/2018). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG Pada Kamis (1/2/2018), Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) memiliki rektor baru periode 2018-2022.

Ir H Prabowo Setiyawan secara resmi dilantik menjadi rektor oleh Ketua Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung (YBWSA) H Hasan Toha Putra dan disaksikan Ketua Pembina YBWSA Drs H Ali Mufiz serta Ketua Pengawas YBWSA Dr KH Achmad Darodji.

Pelantikan yang dilaksanakan di Aula Gedung Kuliah Bersama Lantai 10 Kompleks Kampus Unissula Jalan Raya Kaligawe Km 4 Kota Semarang itu juga dihadiri para pejabat struktural di Lingkungan Kampus Unissula, YBWSA, maupun tamu undangan dari berbagai perguruan tinggi negeri serta swasta di Kota Semarang.

Prosesi pelantikan dan penyerahan amanah dari Rektor Lama Unissula Anis Malik Thoha kepada Rektor Baru Unissula Prabowo Setiyawan di Aula Gedung Kuliah Bersama Lantai 10 Kampus Unissula Jalan Raya Kaligawe Km 4 Kota Semarang, Kamis (1/2/2018).
Prosesi pelantikan dan penyerahan amanah dari Rektor Lama Unissula Anis Malik Thoha kepada Rektor Baru Unissula Prabowo Setiyawan di Aula Gedung Kuliah Bersama Lantai 10 Kampus Unissula Jalan Raya Kaligawe Km 4 Kota Semarang, Kamis (1/2/2018). (tribunjateng/deni setiawan/ist)

Dalam kesempatan itu, Ali Mufiz pun memberikan tantangan kepada rektor baru. Prabowo Setiyawan ditantang agar mampu membawa Unissula Semarang menjadi sebuah perguruan tinggi swasta (PTS) Islam yang lebih maju dan terus berkembang, setidaknya dalam kurun waktu empat tahun ke depan.

“Sehingga Unissula bisa menjadi PTS yang terdepan baik di Kota Semarang, Jawa Tengah, maupun di Indonesia. Jika hari ini Unissula masih terakreditasi B, di masa kepemimpinan rektor baru ini harus bisa menjadi perguruan tinggi yang terakreditasi A (Unggul),” tandas Ali Mufiz.

Dia meyakini, tantangan tersebut dapat dilakukan atau direalisasikan oleh Prabowo Setiyawan. Terlebih lagi selama ini jalinan kerja sama maupun kemitraan antara universitas dengan yayasan, rektor dengan civitas akademika di internal maupun eksternal Unissula terus terjaga secara baik.

“Sekadar ilustrasi, di Yogyakarta itu ada satu institusi pemerintahan yang tidak mau menerima pegawai jika ijazah calon pegawai bukan berasal dari perguruan tinggi yang terakreditasi A. Karena itu, bisa jadi tantangan ke depan. Dan saat ini hanya baru tiga PTS di Kota Semarang yang terakreditasi A,” tandasnya.

Di sisi lain, lanjutnya, perlu belajar pula dari pengalaman. Dalam penerimaan mahasiswa baru Tahun Akademik 2018/2019 tak sedikit PTS di Jawa Tengah yang jumlah peminatnya mengalami penurunan. Itu pula yang menjadi tantangan bagi Unissula mulai tahun ini dan di tahun-tahun berikutnya.

“Jumlah PTS di Jawa Tengah ada sekitar 257 universitas. Yang terakreditasi A hanya baru Universitas Dian Nuswantoro (Udinus), Unika Soegijapranata, dan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Semoga yang nomor empatnya adalah Unissula,” harap Ali Mufiz.

Terpisah, Rektor Unissula Prabowo Setiyawan menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepadanya hingga 2022 mendatang. Pihaknya pun berkomitmen untuk dapat menjadikan Unissula menjadi lebih baik lagi, sama seperti harapan YBWSA maupun civitas akademika Unissula Semarang. (tribunjateng/deni)

Penulis: deni setiawan
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved