Warga Serang Purbalingga Relakan Lahannya untuk Jalan Menuju Resort yang Dikelola Investor Asing

Tahap pembangunan resort dan taman rekreasi di Desa wisata Serang, Kecamatan Karangreja, Purbalingga dimulai.

Warga Serang Purbalingga Relakan Lahannya untuk Jalan Menuju Resort yang Dikelola Investor Asing
Istimewa

Laporan Wartawan Tribun Jateng Khoirul Muzakki

TRIBUNJATENG.COM, PURBALINGGA - Tahap pembangunan resort dan taman rekreasi di Desa wisata Serang, Kecamatan Karangreja, Purbalingga dimulai. Pemkab Purbalingga mulai membuka akses jalan menuju calon lokasi wisata yang berada di kawasan perbukitan Gunung Kerisan dan Gunung Sumbul itu. Jalan yang dibuka selebar 9 meter dan panjang 2.120 meter.

Akses jalan itu mulanya hanyalah jalan berbatu yang lebarnya sekitar 2,5 meter, dan sebagian lain berupa tanah kebun milik warga.

Tanah warga yang dibebaskan untuk jalan hampir mencapai 2 hektar. Warga secara sukarela tidak mendapat ganti rugi. Warga bahkan sangat mendukung karena lahan mereka kini memiliki akses jalan yang lebar,” kata Kepala Desa Serang, Sugito, Kamis (1/2).

Pembukaan jalan baru itu mulai dikerjakan pada pertengahan bulan Januari 2018 lalu. Pembangunan dilakukan oleh masyarakat bersama TNI dari Kodim 0702 Purbalingga.

Sebuah alat berat untuk mengeruk bukit dan mengambil bebatuan dari dalam tanah dikerahkan.

Kesadaran warga sangat tinggi untuk mendukung pembukaan akses jalan tersebut. Terbukti, warga antusias merelakan tanahnya tanpa ganti rugi. Mereka bahkan menyumbang makan siang untuk para anggota TNI dan warga yang bekerja. Setiap Kepala Keluarga (KK) menyumbang Rp 15.000 yang dikoordinir RT untuk pengerjaan proyek itu.

“Saat ini, pembukaan jalan sudah nyaris selesai. Mulai dari titik nol hingga calon lokasi pembangunan resort sudah dibuka jalannya. Pekerjaan saat ini tinggal pengerasan menggunakan bebatuan dan pasir gunung yang ada di sekitar lokasi penggalian tanah,” kata Sugito.

Pekerjaan pembukaan jalan ini menyedot anggaran sebesar Rp 600 juta yang bersumber dari Bantuan keuangan Khusus (BKK) Pemkab Purbalingga. Tahap pembangunan akan dilanjutkan dengan pengerasan jalan dan pembangunan tiga buah jembatan dengan total anggaran Rp 2,8 milyar.

Untuk pekerjaan pengerasan jalan dan pembangunan jembatan, ditangani langsung oleh Pemkab melalui DinasPekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR).

Halaman
12
Penulis: khoirul muzaki
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help