Cegah Kejahatan Remaja, Tim Gabungan Gelar Apel Guyub Tugu Aman

Perangkat Kecamatan Tugu menggelar "Apel Guyub Tugu Aman dan Tertib" pada Sabtu (3/2/2018) malam pukul 23.00 WIB.

Cegah Kejahatan Remaja, Tim Gabungan Gelar Apel Guyub Tugu Aman
tribunjateng/akhtur gumilang
CEGAH KEJAHATAN - Apel Guyub Tugu Aman dan Tertib di depan Ruko Grandika Pantura, Jalan Raya Mangkang, Tugu, Semarang, pada Sabtu (3/2/2018) pukul 23.00 WIB malam untuk mencegah kejahahatan remaja atau pelajar. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akhtur Gumilang

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Seluruh jajaran perangkat Kecamatan Tugu menggelar "Apel Guyub Tugu Aman dan Tertib" pada Sabtu (3/2/2018) malam pukul 23.00 WIB.

Adapun ratusan orang berseragam berkumpul di depan Ruko Grandika Pantura, Jalan Raya Mangkang, Tugu, Semarang.

Apel yang diinisiasi oleh Koramil dan Polsek Tugu ini bertujuan mencegah sedini mungkin tindak kejahatan, termasuk tawuran antar pelajar di wilayahnya.

"Jadi kami cegah sedini mungkin, kami tak mau bertindak setelah ada kejadian. Maka dari itu, kami gelar apel ini untuk meminimalisir tindak kriminal sebelum ada kejadian," ungkap Kapolsek Tugu Kompol Davis B Siswara kepada Tribunjateng.com.

Dalam hal ini, pihaknya pun bekerjasama dengan Banser Tugu dan seluruh Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) yang berada di Kecamatan Tugu.

Hal itu dilakukan agar tindak kejahatan yang terjadi di tingkat RT/RW, bisa dicegah langsung lewat anggota LPMK yang tersebar.

Nantinya, patroli malam pun akan dilakukan menyasar kawasan-kawasan tertentu, meliputi Mangunharjo, Mangkang Wetan, Karanganyar, hingga Kawasan Industri Wijayakususma (KIW) setiap harinya.

"Lewat laporan petugas LPMK, di sekitar lokasi tersebut rentan dijadikan tempat minum-minuman keras karena situasinya gelap. Apalagi sebagiannya masih pelajar. Miras dan obat-obatan memang kerap menjadi biang keladi tindak kriminal," tandasnya.

Sehubungan dengan hal ini, Kompol Davis menjelaskan, apel ini sedianya memang dilatarbelakangi karena kejadian pembunuhan Sopir Taksi Online beberapa waktu lalu.

Selain itu, hampir terjadinya aksi tawuran pelajar SMP di kawasan Jalan Walisongo, Tugurejo, sebulan yang lalu (awal januari) pun membuat pihaknya harus bertindak cepat.

"Sebulan yang lalu hampir ada tawuran pelajar SMP, untung sudah diamankan warga dan Bhabinkamtibnas Polsek Tugu. Makanya, apel ini digelar untuk mencegah kejadian serupa terjadi di wilayah kami. Sebab, jika hanya polisi yang bertindak tak akan kuat, kami mengajak seluruh jajaran perangkat kecamatan untuk berpartisipasi aktif," tambah Davis.

Sementara itu, Ketua Ansor Tugu Nur Said melalui pasukan Bansernya pun akan ikut menertibkan dan membuat nyaman.

Setidaknya, ada 200 anggota Banser yang akan bergerak menyisir kawasan Tugu di waktu-waktu rawan.

"Ya bisa malam atau subuh hari yang rawannya. Kami bakal bergabung juga dengan kawan-kawan LPMK. 200 anggota yang tersebar di Kecamatan Tugu akan berkordinasi dengan pihak lainnya, jika menemukan potensi tindak kriminal seperti mabuk-mabukan," tandas Nur Said. (*)

Penulis: Akhtur Gumilang
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help