Buntut Dihentikannya Produksi Etios Valco, LaluToyota Andalkan Agya dan Yaris di Segmen Hatchback

Etios Valco merupakan satu-satunya city car Toyota yang bertarung dengan Suzuki Ignis, Honda Brio, Mitsubishi Mirage dan Nissan March

Buntut Dihentikannya Produksi Etios Valco, LaluToyota Andalkan Agya dan Yaris di Segmen Hatchback
tribunjateng/m zainal arifin
Pengunjung mengamati mobil Toyota New Agya yang dipajang dalam pameran Nasmoco di Atrium Java Supermall, Jalan MT Haryono, Kota Semarang, Rabu (12/04/2017). 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA -- Setelah menyimpan rahasianya cukup lama, Toyota Indonesia akhirnya mengakui sudah tak lagi memproduksi hatchback-nya Etios Valco sejak Oktober 2017.

Meski begitu, kabar tentang sudah tidak diproduksinya Etios Valco sudah tercium sejak 2016 lalu.

Berdasarkan data Gaikindo, Etios Valco merupakan satu-satunya city car Toyota yang bertarung dengan Suzuki Ignis, Honda Brio, Mitsubishi Mirage dan Nissan March di segmen tersebut.

Artinya, produsen nomor satu di Indonesia ini tak lagi punya wakil di kategori itu.

Etios Valco pertama kali diproduksi di Indonesia pada 2013 di pabrik kedua Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang, Jawa Barat.

Pada tahun pertamanya di Indonesia, Etios membukukanwholesalessampai 12.747 unit.

Namun demikian, Executive General Manager Toyota Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto, tak mengkhawatirkan hal itu. Dirinya menyebut, mereka masih memiliki dua jagoan hatchback lain yakni Agya dan Yaris.

Dijelaskannya, Jumat (2/2) lalu, di segmen hatchback, Toyota memiliki dua produk yaitu Agya di segmen entry hatchback dan Yaris di segmen medium hatchback.

“Saat ini, kami punya produk yang mengisi segmen hatchback, sehingga Toyota tidak akan mengalami kekosongan di segmen ini. Terlebih lagi, pilihan engine yang ditawarkan juga cukup beragam di hatchback yaitu 1.0L, 1.2L, dan 1.5L sehingga masyarakat semakin memiliki beragam pilihan,” terang Soerjopranoto.

Ditambahkan Soerjopranoto, banyak faktor yang membuat Etios Valco di Indonesia tak lagi dipasarkan, salah satu di antaranya TAM lebih fokus jualan model lain.

Halaman
123
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help