Kepala Disnakertrans Jateng: Kesadaran Perusahaan Terkait K3 Semakin Baik

Kesadaran pengelola perusahaan terhadap Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di Jawa Tengah, mulai tumbuh.

Kepala Disnakertrans Jateng: Kesadaran Perusahaan Terkait K3 Semakin Baik
The Guardian
Buruh pabrik 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Nur Huda

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Kesadaran pengelola perusahaan terhadap Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di Jawa Tengah, mulai tumbuh.

Ini diketahui dari data menurunnya angka kecelakaan kerja di tempat kerja dalam setahun 2017 lalu.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jateng, Wika Bintang mengatakan, berdasar data yang pihaknya miliki, angka kecelakaan kerja di tahun 2015 mencapai 3.083 kasus, kemudian naik menjadi 3.665 kasus di tahun 2016, selanjutnya menurun di tahun 2017 menjadi 1.468 kasus.

"Menurun itu karena kesadaran bagi perusahaan untuk membudyakan K3," kata Wika saat ditemui di sela kegiatan apel peringatan bulan K3, di lapangan PT PLN (Persero) Pusat Pendidikan dan Pelatihan Semarang, Jalan Kedungmundu Salak Kota Semarang, Selasa (6/2/2018).

Baca: BPBD Jateng Himbau Sejumlah Kota/Kabupaten Ini Untuk Siaga Banjir

Ia berharap, makin banyak perusahaan yang peduli terhadap perlindungan tenaga kerjanya, lingkungannya, alat produksinya, sehingga bisa menjamin keamanan bagi semua pihak.

"K3 itu juga diatur di Undang Undang, kalau perusahaan tak melaksanakan ada sanksinya. Saat ini masih tahao sosialisasi. Kalau secara umum, perusahaan besar yang menggunakan bahan baku profuksi berbahaya, sudah mewajibkan K3," jelasnya.

Namun demikian, diakui bahwa masih banyak perusahaan di Jateng yang belum menerapkan K3. Maka, Wika berharap, para manajemen perusahaan baik skala kecil, skala menengah, dan perusahaan skala besar, bisa sadar tentang keselamatan kerja.

"Kita juga harap masyarakat ikut melakukan pengawasan, sebab petugas pengawas kita juga terbatas. Jika ada masyarakat maupun pekerja yang merasa dirugikan dan belum bersedia menerapkan K3, segera lapor ke kami melalui kanal-kanal aduan yang ada," tegasnya.

Halaman
12
Penulis: m nur huda
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help