Pemkot Solo Tak Tambah Kuota Elpiji Subsidi Tahun Ini

"Untuk kapannya, kami belum bisa merinci. Yang pasti, kemungkinan dalam waktu dekat. Pemkot Solo ingin elpiji subsidi ini tepat sasaran,"

Pemkot Solo Tak Tambah Kuota Elpiji Subsidi Tahun Ini
tribunjateng/dok
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akbar Hari Mukti

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Pemerintah Kota Solo pastikan tak menambah kuota elpiji subsidi pada 2018 ini. Pasalnya, di Solo hingga saat ini tak ada gejolak konsumsi di rumahan maupun usaha kecil dan menengah (UKM).

Begitu ungkap Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Solo, Subagiyo, Rabu (7/2/2018).

Maka, Subagiyo mengatakan besaran kuota elpiji subsidi tetap sama seperti tahun 2017 lalu.

"Tetap pada besaran kuota tahun lalu, yaitu 27.145 tabung/hari," ungkap dia.

Subagiyo mengakui bahwa pada akhir 2017 sempat ada kenaikan konsumsi elpiji ukuran tabung 3 kilo di masyarakat Solo. Ia pun menjelaskan, kenaikan tersebut disebabkan karena ada kekeringan serta adanya musim pernikahan di Solo dan sekitar.

"Khusus pada saat kekeringan di Solo, ada sejumlah warga luar Kota Solo membeli elpiji melon di Solo. Mereka gunakan itu untuk mengairi sawah mereka. Caranya, elpiji ini digunakan untuk menghidupkan mesin diesel," ungkap Subagiyo.

Maka untuk mengantisipasinya, ia menjelaskan Pemkot Solo harus menambah kuota hingga mencapai 5.000 tabung/bulan untuk memenuhi kebutuhan warga Solo.

Lebih jauh Subagiyo mengatakan, untuk memastikan penambahan ini tak terulang lagi di kemudian hari maka Pemkot Solo berupaya untuk menindaklanjuti program deklarasi penggunaan elpiji nonsubsidi di lingkungan pegawai Pemkot Solo.

"Pemkot terus mengimbau kepada para PNS untuk menindaklanjuti deklarasi tersebut. Kami pun masih akan meninjau secara kontinyu efektivitas program tersebut," papar dia.

Dirinya menambahkan untuk mengendalikan konsumsi ke depan Pemkot Solo bakal segera menerapkan penggunaan kartu distribusi elpiji 3 kg kepada masyarakat.

"Untuk kapannya, kami belum bisa merinci. Yang pasti, kemungkinan dalam waktu dekat. Pemkot Solo ingin elpiji subsidi ini tepat sasaran," ungkap dia.(*)

Penulis: akbar hari mukti
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help