74 Persen Warga Kota Tegal Telah Terdaftar Menjadi Anggota BPJS Kesehatan

Pemkot Tegal meluncurkan Universal Heatlh Coverage (UHC) bagi warga Kota Tegal di Aula Akper Pemkot Kota Tegal.

74 Persen Warga Kota Tegal Telah Terdaftar Menjadi Anggota BPJS Kesehatan
TRIBUN JATENG/MAMDUKH ADI P
Plt Wali Kota Tegal, Nursholeh, memberikan kartu BPJS Kesehatan kepada seorang warga secara simbolis pada acara peluncuran universal health coverage (UHC) di aula Akper Pemkot Tegal. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Mamdukh Adi Priyanto

TRIBUNJATENG.COM,TEGAL - Plt Wali Kota Tegal, Nursholeh, mengatakan pemerintah berkomitmen untuk mendukung program pemerintah pusat untuk mencapai Jaminan Kesehatan Semesta.

Karena itu, ia pun bertekad semua warga Kota Tegal terdaftar dalam Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang dilaksanakan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Terkait itu, Pemkot Tegal meluncurkan Universal Heatlh Coverage (UHC) bagi warga Kota Tegal di Aula Akper Pemkot Kota Tegal, Kamis (8/2/2018).

"Sebagai wujud implementasi hak dasar, Undang Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional telah mengatur dan memberikan jaminan kepada masyarakat untuk mendapatkan jaminan sosial, termasuk kesehatan," kata Nurhsoleh dalam sambutannya.

Baca: Pemerintah Kota Tegal Akan Bangun Tempat Parkir Baru di Pasar Pagi

Ia menjelaskan, jumlah kepesertaan terus mengalami kenaikan tiap tahunnya.

Saat ini, kepesertaan mencapai 204.841 penduduk Kota Tegal atau 74 persen dari total jumlah penduduk sebanyak 276.734 jiwa.

"Artinya, masih ada 26 persen penduduk Kota Tegal yang belum terkover BPJS Kesehatan," ucap Kang Nur, panggilan akrabnya.

Kepala Kantor Cabang BPJS Kesehatan Kota Tegal, A Prasetya HP, menuturkan kepesertaan JKN- KIS warga Kota Tegal tersebut berkat integrasi dari program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) ke JKN-KIS yang dilaksanakan BPJS Kesehatan.

"Dinas Kesehatan Kota Tegal telah menganggarkan Rp 5 miliar di tahun 2018 dari APBD. Itu untuk meningkatkan kepesertaan BPJS masyarakat," ucapnya. 

Dalam pemenuhan akses fasilitas kesehatan, saat ini Kota Tegal memiliki 36 fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) yang terdiri atas 8 Puskesmas, 8 doktek praktik perorangan, 12 klinin, 4 dokter gigi, dan 4 apotek.

Selain itu, juga telah bekerja sama dengan 4 fasilitas kesehatan rujukan tingkat lanjutan (FKRTL) yang terdiri atas satu klinik utama (Balai Pengobatan Penyakit Paru-paru Kota Tegal), dan tiga rumah sakit (RSUD Kardinah, RSUI Harapan Anda, dan RS Mitra Keluarga).(*)

Penulis: mamdukh adi priyanto
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help