Pemilu 2019

Agenda dan Tahapan Pemilu 2019 di Kabupaten Semarang

Setelah rampung dengan verifikasi faktual partai politik, agenda KPU selanjutnya ialah penyusunan dapil.

Agenda dan Tahapan Pemilu 2019 di Kabupaten Semarang
tribunjateng/amanda
Guntur Suhawan selaku Ketua KPU Kabupaten Semarang usai rapat pleno terbuka di lantai 3 Gedung KPU Kabupaten Semarang pada Kamis (8/2/2018) siang. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Amanda Rizqyana

TRIBUNJATENG.COM, UNGARAN - Setelah rampung dengan verifikasi faktual partai politik, agenda KPU selanjutnya ialah penyusunan daerah pemilihan.

Guntur Suhawan selaku Ketua KPU Kabupaten Semarang usai rapat pleno terbuka di lantai 3 Gedung KPU Kabupaten Semarang pada Kamis (8/2/2018) siang. Selanjutnya akan dilakukan uji publik pada 13 Februari 2018 mendatang.

Selanjutnya akan dilakukan penyusunan daerah pemilihan partai politik. Agenda selanjutnya penetapan partai politik pada 17 Februari 2018 mendatang, pengundian nomor urut partai politik. Partai politik akan diisi dan selanjutnya mengisi daftar calon legislatif (caleg).

Ketua KPU Kabupaten Semarang rapat pleno terbuka di lantai 3 Gedung KPU Kabupaten Semarang pada Kamis (8/2/2018) siang.
Ketua KPU Kabupaten Semarang rapat pleno terbuka di lantai 3 Gedung KPU Kabupaten Semarang pada Kamis (8/2/2018) siang. (tribunjateng/amanda)

"Caleg akan diisi menyesuaikan daerah pemilihan," terang Guntur.

Setelah daerah pemilihan diuji publikkan dan diusulkan pada KPU Pusat, diputuskan, daerah pemilihan telah ada dan ditetapkan.

KPU Kabupaten Semarang mengajukan tiga konsep yakni daerah pemilihan sama, jumlah kursi berubah karena jumlah kuota kursi berubah.

Pilihan kedua yakni ada pergeseran daerah pemilihan (DP) yakni Banyubiru yang awalnya ada di DP 5 dipindah ke DP 2, bergabung dengan Tuntang dan Bawen. Pilihan ketiga ialah pengusulan penambahan Dapil yakni Getasan, Banyubiru, dan Jambu.

Guntur juga menambahkan, Kabupaten Semarang mendapat jatah 50 kursi sesuai dengan Surat Keputusan KPU dan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 bahwa daerah yang berpenduduk lebih dari satu juta-tiga juta jiwa mendapat jatah 50 kursi.

"Penduduk Kabupaten Semarang kini sudah 1.008.668 jiwa," pungkasnya. (*)

Penulis: amanda rizqyana
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help