Pilgub Jateng

MUI akan Khutbah Tangkal Isu SARA Serentak di 35.000 Masjid di Jateng

MUI akan Khutbah Tangkal Isu SARA Serentak di 35.000 Masjid di Jateng. MUI melarang kampanye di masjid

MUI akan Khutbah Tangkal Isu SARA Serentak di 35.000 Masjid di Jateng
tribunjateng/akbar hari mukti
Pelantikan dan pengukuhan MUI Kota Solo periode 2018-2022 di Pendapi Gede Balai Kota Solo, Kamis (8/2/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akbar Hari Mukti

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Menjelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Solo imbau masyarakat khususnya Solo tak menggunakan masjid maupun musala menjadi tempat berkampanye.

Dia tegaskan hal itu pasalnya, ada potensi kerawanan penggunaan tempat ibadah sebagai alat kampanye dalam pesta demokrasi Pilgub Jateng.

"MUI mempunyai tanggung jawab besar pada tahun politik ini, untuk mengimbau masyarakat tak menggunakan tempat ibadah semisal masjid dan musala sebagai venue kampanye," papar Ketua MUI Solo, Subari usai pelantikan dan pengukuhan MUI Kota Solo periode 2018-2022 di Pendapi Gede Balai Kota Solo, Kamis (8/2/2018).

Subari tak memungkiri di tahun politik ini menjadi agenda kerja jajaran kepengurusan MUI baru untuk andil memberi payung penyejuk dan penyeimbang untuk masyarakat.

Yakni salah satunya berpartisipasi menjaga kondusivitas selama gelaran Pilgub Jateng hingga Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang. Di antaranya adalah upaya mencegah tempat ibadah digunakan untuk kegiatan politik praktis.

"Kami bisa memberi imbauan kepada masyarakat soal tak menggunakan tempat ibadah sebagai tempat kampanye. Karena kami meyakini akan ada potensi kerawanan tempat ibadah untuk kampanye," ucap dia.

Ketua MUI Jawa Tengah KH Achmad Darodji menambahkan, MUI akan terus bersikap netral pada momentum apapun, termasuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Menurutnya MUI tidak bisa membicarakan calon kepala daerah, agar tak menjadi konflik ke depannya.

"MUI tak ke mana-mana, Dia bersifat netral. Kalau berbeda pilihan saat memilih, silakan. Tetapi perbedaan itu hanya satu menit, pada saat memilih itu saja. Selebihnya tetap bersaudara," urainya.

Halaman
12
Penulis: akbar hari mukti
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved