Pilgub Jateng

Suara Nahdiliyin Terbelah pada Pilgub Jateng? Ini Kata Muhaimin Iskandar

Suara Nahdliyin terancam terbelah saat dua kader mereka maju sebagai bakal calon wakil gubernur di Pilkada Jawa Tengah 2018

Suara Nahdiliyin Terbelah pada Pilgub Jateng? Ini Kata Muhaimin Iskandar
ISTIMEWA
pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur jateng, Sudirman Said- Ida Fauziyah (tengah) bersama pimpinan ponpes attauhidiyah, Kiai Said (kiri) dan Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Mamdukh Adi Priyanto

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Suara Nahdliyin terancam terbelah saat dua kader mereka maju sebagai bakal calon wakil gubernur di Pilkada Jawa Tengah 2018.

Dua kader itu yakni Taj Yasin Maimoen Zubair yang dipasangkan dengan gubernur petahana Ganjar Pranowo dan Ida Fauziyah yang berpasangan dengan Sudirman Said.

Seperti diketahui, Taj Yasin merupakan putra tokoh NU, KH Maimoen Zubair pengasuh Pondok Pesantren Al Anwar Rembang. Sedangkan Ida Fauziyah pernah menjabat Ketua Umum Fattayat NU. Saat ini, dia menjabat sebagai ketua Lembaga Kemaslahatan Keluarga NU.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar, menolak dikatakan jika suara warga Nahdliyin yang condong dengan PKB itu terbelah.

"Jadi gini, bukan dukungannya terpecah. Kami memang dari dulu rujukannya jumhur ulama. Jadi, pilihannya mayoritas ulama," kata Cak Imin, saat sowan ke kiai di Brebes dan Tegal, Rabu (7/2/2018).

Menurutnya, jika ada perbedaan itu hal yang wajar. Karena PKB lahir dari NU, sehingga dia menggunakan landasan apa yang menjadi pendapat dari para kiai dan ulama.

"Jumhur ulama menghendaki adanya perubahan kepemimpinan di Jateng ini. Hal itu karena selama ini, Pak Ganjar, kurang melibatkan para kiai dalam pengambilan kebijakan," ujarnya.

Karena itu, lanjutnya, PKB sepakat untuk melakukan perubahan dengan mendukung penuh pasangan Sudirman Said dan Ida Fauziyah di Pilgub Jateng.

Hal senada diungkapkan tim pemenangan pasangan dari PKB, Bachrudin Nasori. Anggota DPR RI Komisi III itu mengklaim sebanyak 60 persen suara perempuan akan memilih Sudirman Said- Ida.

"Figur mereka cukup populer dan bagus. Saya yakin kali ini rakyat ingin perubahan," ujarnya. (*)

Penulis: mamdukh adi priyanto
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help