Kelurahan Mugasari Rubah Selokan Menyerupai Kolam Ikan

Adapun kerja bhakti yang dilakukan ini meliputi program-program yang mendukung gerakan pemerintah Kota Semarang.

Kelurahan Mugasari Rubah Selokan Menyerupai Kolam Ikan
yasmine aulia
Kerja Bhakti di lingkungan wilayah Mugassari Semarang Selatan 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Yasmine Aulia

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Serangkaian kegiatan kerja bhakti dilakukan di Kelurahan Mugassari Kecamatan Semarang Selatan Kota Semarang pada Jumat (9/2/2018).

Adapun kerja bhakti yang dilakukan ini meliputi program-program yang mendukung gerakan pemerintah Kota Semarang.

Kegiatan tersebut meliputi pemberantasan sarang nyamuk (PSN), penyebaran ikan, penanamam pohon dan pemasangan biopori serta kegiatan lainnya.

"Kami melaksanakan kegiatan ini bersama dengan seluruh pihak terkait, mulai dari kader warga, kelurahan, perangkat kecamatan, puskesmas hingga aparat setempat," ujar Lurah Mugassari Sri Suhartini pada tribunjateng.com.

Sejak pukul 07.00 WIB, kegiatan yang berpusat di area Jl Gergaji Mugassari, Semarang Selatan ini telah dimulai.

"Semula selokan ini kotor, dapat terlihatkan sekarang tampak menjadi kolam," tutur Camat Semarang Selatan, Ari Joko Santoso sambil menunjukkan saluran air yang bersih dilengkapi dengan puluhan ikan pada alirannya.

Pemberian ikan dari Dinas Perikanan Kota Semarang ini dimanfaatkan sebagai salah satu upaya pengurangan jentik nyamuk di pemukiman warga.

Menurut Camat Semarang Selatan, dengan pembuatan selokan menyerupai kolam ikan ini bertujuan untuk mencegah masyarakat membuang sampah ke dalamnya.

"Biar masyarakat sadar tidak buang sampah sembarangan, kan lihat ikan-ikan supaya ingat bahwa ada makhluk hidup di sini," ujarnya.

Setiap rumah di kawasan kelurahan Mugassari, didatangi oleh kader PKK untuk memeriksa jentik-jentik nyamuk pada tiap sudut genangan air.

Tim dari Puskesmas Pandanaran dan Puskesmas Lamper Tengah juga turut mengawal kegiatan ini.

Aparat kepolisian dan tentara bahkan terlihat terjun langsung membantu proses pemasangan biopori, yang bertujuan untuk melancarkan penyerapan air sehingga mengurangi resiko banjir. (*)

Penulis: Yasmine Aulia
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help