Ketika Sedan Bukan Lagi Barang Mewah

Menurut Menperin, produsen otomotif dalam negeri tak berminat memproduksi sedan karena ada pengenaan PPnBM

Ketika Sedan Bukan Lagi Barang Mewah
tribunjateng/suharno

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) tengah mengusulkan revisi struktur perpajakan di industri otomotif salah satunya untuk kendaraan jenis sedan.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, pihaknya telah meminta Kementerian Keuangan agar merevisi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk produk mobil jenis sedan.

"Kami akan revisi untuk struktur pajak otomotif termasuk PPnBM sudah kami masukan ke Kementerian Keuangan sehingga sedan tidak lagi jadi barang mewah," ujar Airlangga usai acara Soft Launching CBNC Indonesia di Raffles Hotel, Jakarta, Kamis (8/2/2018).

Menurut Menperin, produsen otomotif dalam negeri tak berminat memproduksi sedan karena ada pengenaan PPnBM.

Baca: Garuda Indonesia Peringkat 5 Star Airline dari Skytrax, Citilink 4-Star Airline

Selain itu, masuknya sedan sebagai kategori bawang mewah membuat harga sedan yang diproduksi di Indonesia kalah bersaing dengan produksi negara lain seperti Thailand.

"Dengan demikian kita bisa mendorong produksi sedan di Indonesia. Sehingga sedan tidak lagi jadi barang mewah," jelasnya.

Airlangga mengatakan, saat ini usulan revisi pajak PPnBm sedan masih dibahas dengan Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Dia menargetkan revisi tersebut dapat selesai pada kuartal I 2018 dan bisa segera diterapkan.

"Sudah dimasukkan ke Kemenkeu, ini masih dibicarakan. Mungkin kuartal I ini bisa diselesaikan. Sudah masuk dari tahun kemarin," tambahnya.

Baca: Dari Pangdam IV Diponegoro Hingga Kapolda Jateng Semangat Nyanyikan Yel-yel Usai Simulasi

Sementara itu, Berdasarkan data Gaikindo, penjualan mobil domestik hingga akhir 2017 mencapai 1,07 juta unit atau naik 1,6 persen dibanding 2016.

Tahun ini Gaikindo menargetkan penjualan mobil mencapai 1,1 juta unit. (Pramdia Arhando Julianto/Kompas.com)

Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help