Distaru Kota Semarang: Perlu Peran Serta Seniman dan Komunitas dalam Revitalisasi TBRS

"Yang membangun itu dari Dinas Tata Ruang. Sedangkan kami nanti yang akan mengelola dan mengisi acara kesenian,”

Distaru Kota Semarang: Perlu Peran Serta Seniman dan Komunitas dalam Revitalisasi TBRS
Tribun Jateng/dok
Gedung Ki Narto Sabdo di kompleks Taman Budaya Raden Saleh (TBRS) Semarang tempat pentas wayang orang digelar. 

Laporan Reporter Tribun Jateng, Reza Gustav 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Kepala Bidang Industri Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang mengatakan bahwa pada 2018 ini akan ada pembangunan gedung serba guna di kawasan Taman Budaya Raden Saleh (TBRS), Jalan Sriwijaya Kota Semarang.

Dalam dokumen Masterplan dan DED Kawasan TBRS yang dipaparkan, terpampang sejumlah rencana revitalisasi kawasan itu, beberapa di antaranya adalah pembangunan teater terbuka, creative hub dan guest house.

Dia mengungkapkan bahwa Dinas Tata Ruang (Distaru) Kota Semarang yang akan membangun fasilitasnya, untuk kemudian dikelola oleh Disbudpar Kota Semarang.

"Yang membangun itu dari Dinas Tata Ruang. Sedangkan kami nanti yang akan mengelola dan mengisi acara kesenian,” ujarnya pada Jumat (9/2/2018) kemarin.

Dia pun merasa masih perlu adanya kajian-kajian atau studi tentang kesenian itu.

“Kami masih perlu buat studi terkait desain kesenian yang akan ditonjolkan di sana," tambahnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Tata Ruang Kota Semarang Irwansyah mengatakan bahwa pihaknya ingin menyediakan ruang publik yang dapat dimanfaatkan oleh semua masyarakat Kota Semarang.

Maka menurutnya, perlu peran serta masyarakat agar dapat terealisasi.

‘’Kami perlu peran serta seniman dan komunitas untuk penyempurnaan ruang. Kami siap menerima masukan mengenai pembangunan dan sistem pengelolaannya,’’ ujarnya kepada Tribunjateng.com.

Dia berharap bahwa rencana revitalisasi TBRS ini dapat dikawal bersama dengan berbagai elemen masyarakat, sehingga pemerintah dapat menyediakan ruang publik yang dapat difungsikan untuk kegiatan semua warga. (*)

Penulis: Reza Gustav Pradana
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help