Pilkada 2018

Tim Cyber Crime Polda Jateng Sudah Miliki Data Akun Rawan Black Campaign Pilkada

Hal itu diutarakan Kepala Unit IV Subdit II Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jateng, Kompol Joko Lelono, Sabtu (10/2/2018)

Tim Cyber Crime Polda Jateng Sudah Miliki Data Akun Rawan Black Campaign Pilkada
JUSTIN SULLIVAN/GETTY
Ilustrasi 

Laporan Reporter Tribun Jateng, Rival Almanaf

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Tim Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jateng telah menandai beberapa akun dan website yang dinilai rawan akan memposting ujaran kebencian, negatif campaign, hingga black campaign.

Hal itu diutarakan Kepala Unit IV Subdit II Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jateng, Kompol Joko Lelono, Sabtu (10/2/2018).

Ia memaparkan tim Satgas Anti Black Campaign telah melaksanakan patroli cyber.

"Patroli cyber memang sudah dilakukan, semua akun, semua medsos, website telah disinggahi dilihat kontennya, sejauh ini memang belum ada temuan yang mengarah ke black campaign," jelas Joko.

Meski demikian ia sudah mencatat akun-akun yang bisa saja mengarah ke arah kampanye gelap. Joko tidak bisa membeberkan nama akun-akun tersebut, ia hanya menjelaskan saat ada temuan akan segera menindak.

"Pelanggaran yang kami tindak memang bukan dari akun resmi, jika akun resmi yang melakukan pelanggaran itu ranahnya gakkumdu, nanti krimum yang menangani," tegas Joko lebih lanjut.

Bukan hanya soal black campaign dan hate speech yang bisa ia tindak. Ia memaparkan negatif campaign pun bisa.

"Perbedaan antara black dan negatif campaign adalah yang disebut pertama semata-mata fitnah, sedangkan kedua bukan fitnah," tambahnya.

Hanya saja untuk negatif campaign pihaknya akan melihat terlebih dahulu sejauh mana pencemaran nama baik paslon dilakukan. (*)

Penulis: rival al-manaf
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help