Home »

Solo

Ganjar Pranowo Resmikan 'Go Green Campus' IAIN Surakarta

Tema “Meningkatkan Peran IAIN Surakarta dalam Mengatasi Pencemaran Udara dan Pemanasan Global serta Memelihara Lingkungan Hidup”.

Ganjar Pranowo Resmikan 'Go Green Campus' IAIN Surakarta
TRIBUN JATENG/AKBAR HARI MUKTI
Ganjar Pranowo saat ditemui di gelaran SGS, Solo, Minggu (28/1/2018). 

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Kampus IAIN Surakarta didatangi oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo beserta rombongannya, Sabtu (10/2/2018) lalu.

Adapun maksud dari kedatangan Ganjar ialah untuk meresmikan kegiatan penanam seribu pohon atau istilah kerennya ialah Go Green.

Tema atas kegiatan penanam seribu pohon kali ini adalah “Meningkatkan Peran IAIN Surakarta dalam Mengatasi Pencemaran Udara dan Pemanasan Global serta Memelihara Lingkungan Hidup”.  

Peresmian go green ini di hadiri oleh berbagai civitas akademika seperti perwakilan UKK Kopma, UKK Racana, UKM Spekta, UKMI Nurul Ilmi, Komunitas Mahasiswa Bidikmisi dan hampir seluruh civitas akademika kampus yang ada turut memenuhi gedung Graha IAIN Surakarta.

Selain pemuda-pemudi mahasiswa, berbagai aktivis-aktivis peduli lingkungan yang datang dari luar kampus juga turut andil dalam acara ini. Tanpa terkecuali Bapak Bupati Sukoharjo yang duduk bersanding bersama Gubernur Jawa Tengah di kursi kehormatan.

Kegiatan penanaman pohon ini merupakan salah satu cara preventif dini untuk menanggulangi pencemaran udara yang semakin kesini semakin tidak dapat dikendalikan.

Faktor yang mempengaruhinya tidak hanya dari kendaraan yang mulai merajalela jalan raya, akan tetapi pembangunan gedung-gedung industri baru, juga memaksakan hilangnya penghijauan oleh penebangan-penebangan.

Seyogyanya memang, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menghimbau kepada kita semua untuk menanam pohon sebanyak 25 pohon setiap individu selama hidupnya dan berlaku bagi seluruh penduduk Indonesia khususnya masyarakat Jawa Tengah.

Hal tersebut tidak lain, untuk mewujudkan Nusantara yang ijo royo-royo dan gemah ripah loh jinawi. Sebagaimana hal tersebut, telah dituturkan oleh beliau  pada pemberian sambutan Gubernur Jawa Tengah di event go green ini.

Launching Go Green Campus IAIN Surakarta dilakukan secara simbolis oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dengan menanam sebatang pohon di depan Gedung Entrepreneur IAIN Surakarta dan disaksikan oleh civitas akademika kampus serta aktivis-aktivis lain yang hadir dalam pembukaan ini.

Penanam pohon secara simbolis tersebut menandakan dimulainya penanaman 999 pohon yang lain oleh para aktivis baik mahasiswa maupun lainnya. Dan rencananya pohon-pohon tersebut akan disebar-luaskan ke penjuru-penjuru kampus dan sekitarnya. (*)       

Oleh Mokhammad Fadhil Musyafa’

Sejarah Peradaban Islam IAIN Surakarta

Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help