27.300 Takir Jenang Bakal Dibagikan Gratis di Semarak Ragam Jenang Solo

Untuk memperingati hari ulang tahun Kota Solo ke-273, Pemkot Solo sedang menyiapkan berbagai kegiatan untuk masyarakat

27.300 Takir Jenang Bakal Dibagikan Gratis di Semarak Ragam Jenang Solo
Tribunjateng.com/Akbar Hari Mukti
Subagiyo (kanan) saat jumpa pers di Balai Kota Solo, Selasa (13/2/2018) 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akbar Hari Mukti

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Untuk memperingati hari ulang tahun Kota Solo ke-273, Pemkot Solo sedang menyiapkan berbagai kegiatan untuk masyarakat.

Satu di antaranya yakni menggelar festival Semarak Ragam Jenang Solo, yang akan digelar pada Sabtu (17/2/2018) di Benteng Vastenburg, Solo.

Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Solo, Subagiyo menjelaskan, Semarak Ragam Jenang Solo merupakan bentuk nguri-uri budaya Jawa khususnya Solo.

Kegiatan akan diawali kirab dari Pendapi Gede Balai Kota Solo, menuju Benteng Vastenburg pukul 9 pagi.

"Kegiatan ini merupakan bentuk budaya sekaligus bentuk ucapan syukur kami. Yaitu dengan menampilkan berbagai jenis jenang untuk dibagikan," papar Subagiyo saat jumpa pers di Balai Kota Solo, Selasa (13/2/2018).

Pria yang juga menjadi ketua panitia Semarak Ragam Jenang Solo ini mengatakan sebanyak 17 jenis jenang dan 273 stan bakal meramaikan festival tersebut.

17 jenis jenang ini di antaranya jenang procot, jenang sumsum, jenang puputan, jenang sambel goreng dan lain-lain. Ia memaparkan, rencananya beragam jenis jenang ini dikirab langsung oleh Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo beserta jajarannya.

"Jadi di setiap stan, akan kita siapkan 100 takir. Jadi totalnya ada 27.300 takir beragam jenis jenang yang akan disediakan," katanya.

Selain pembagian puluhan ribu takir jenang, Subagiyo mengatakan akan ada kembul bujana, yakni membagikan jenang secara gratis kepada masyarakat.

"Jadi ada prosesi pembagian gratis jenang ini, untuk nantinya dimakan bersama-sama," ujarnya. (*)

Penulis: akbar hari mukti
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help