Bayi Usia Bawah Dua Tahun Panjangnya Jangan Kurang dari 48 Cm

Kurang gizi (stunting) dinilai berpotensi mengancam generasi mendatang dan akan menjadi generasi yang hilang.

Bayi Usia Bawah Dua Tahun Panjangnya Jangan Kurang dari 48 Cm
tribunjateng/raka f pujangga
GIZI BURUK - Dewan Pembina Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia, Fasli Jalal , saat seminar di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro, Selasa (13/2/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Raka F Pujangga

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Kurang gizi (stunting) dinilai berpotensi mengancam generasi mendatang dan akan menjadi generasi yang hilang.

Hal itu menyusul tercatat 9 juta anak balita mengalami pertumbuhan yang ‎tidak maksimal karena kekurangan gizi kronis di Indonesia.

Dewan Pembina Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia, Fasli Jalal menjelaskan, kekurangan gizi kronis dapat mempengaruhi perkembangan otak dan organ-organnya.

"Bayi di bawah 2 tahun, panjangnya jangan di bawah 48 cm dan berat 2,5 kilogram minimal. Di bawah itu bisa menjadi tanda jatuh ke stunting," kata dia, disela-sela seminar kesehatan di Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Diponegoro, Selasa (13/2/2018).

Sehingga, kata dia, kepastian terhadap kecukupan makanan bisa menjadi solusi secara bersama-sama untuk menekan terjadinya kurang gizi pada anak.

"Jika dibiarkan, stunting dapat berpotensi mengancam generasi mendatang menjadi generasi yang hilang," ujar dia.

Sementara itu, ‎Direktur Utama PT Phapros, Tbk, Barokah Sri Utami menjelaskan, pemerintah tengah aktif berusaha menurunkan penderita anemia pada remaja dan ibu hamil.

Anak usaha PT Rajawali Nusantara itu, berkontribusi mendukung program pemerintah dalam menyuplai tablet tambah darah.

"Selain tablet tambah darah, kami juga punya produk multivitamin yang bisa mencegah stunting karena kandungan asam folat dan zat besinya tinggi," ujar dia.

Halaman
12
Penulis: raka f pujangga
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help