Pilkada 2018

Begini Sinergi TNI Polri dalam Pengamanan Pilkada Serentak 2018 di Temanggung

Begini Sinergi TNI Polri dalam Pengamanan Pilkada Serentak 2018 di Temanggung yaitu Pilgub Jateng dan Pilbup

Begini Sinergi TNI Polri dalam Pengamanan Pilkada Serentak 2018 di Temanggung
tribunjateng/humas polres temanggung
PENGAMANAN PILKADA - Dandim 0706 Temanggung, Letkol Arm Yusuf Setiaji bersama Kapolres Temanggung AKBP Wiyono Eko Prasetyo saat apel Pengamanan Pilkada Serentak 2018 di Alun-alun Temanggung, Selasa (13/02/2018). 

TRIBUNJATENG.COM, TEMANGGUNG - Kabupaten Temanggung tahun ini akan menggelar pesta demokrasi rakyat, yaitu pemilihan calon gubernur dan wakil gubernur beserta calon bupati dan wakil bupati periode tahun 2018-2023.

Beberapa tahapan Pilkada sudah dilaksanakan oleh KPU, mulai dari pendaftaran, pemeriksaan kesehatan, pemeriksaan administrasi, penetapan pasangan calon. Dan sekarang pengundian nomor urut pasangan calon.

Berkaitan dengan hal tersebut, Polres Temanggung menggelar apel bersama sinergitas TNI-Polri dalam rangka pengamanan Pilkada Serentak tahun 2018, di kompleks Alun-alun Temanggung, Jalan Jend. Suprapto, Selasa (13/02/2018) pagi.

Dandim 0706/Temanggung, Letkol Arm Yusuf Setiaji mengatakan, sinergitas TNI-Polri sangat penting, dikarenakan tahun 2018 dan 2019 merupakan tahun politik. Jadi sudah menjadi keharusan untuk selalu bersama menjaga keamanan di wilayah Kabupaten Temanggung.

"Sinergitas ini menjadi penting, karena 2018 dan 2019 menghadapi tahun politik. Sekutu terdekat kita (Kodim) adalah Polri. Kesimpulannya adalah kita saling membutuhkan dan kita semua saudara," jelas Dandim 0706/Temanggung, saat memimpin apel sinergitas.

Dijelaskan Yusuf, apabila terjadi konflik, peran Kodim sesuai Undang-undang PKS (Penanganan Konflik Sosial) ada di dua tahap, yaitu tahap pencegahan dan tahap pasca konflik. Sedangkan, untuk penindakan itu menjadi kewenangannya Polri.

Ia berpesan agar senantiasa bersyukur, karena ditempatkan/ditugaskan di Kabupaten Temanggung yang aman dan damai. Selain itu diharapkannya, TNI-Polri selalu menjalin persahabatan secara tulus.

"Jangan urusin urusan orang lain, jangan cari masalah, dan jangan mau dibodohi orang apalagi diadu domba," tegasnya.

Hal senada diungkapkan Kapolres Temanggung, Polda Jawa Tengah, AKBP Wiyono Eko Prasetyo. Wiyono mengucapkan terimakasih kepada Kodim yang sudah membantu tugas Polri.

Menurutnya, dengan bertugas di Kabupaten Temanggung maka sudah seharusnya menjaga keamanan bersama-sama.

"Kita jangan sampai dikotak-kotakan sama identitas. Kalau TNI Polri tidak akur, maka akan mudah timbul konflik," terangnya.

Wiyono mengatakan, anggota Bhabinkamtibmas dan Babinsa merupakan tangan kanan pimpinan, karena mereka adalah yang paling dekat dengan masyarakat.

"Saya harapkan anggota Bhabinkamtibmas dan Babinsa untuk sambang secara door to door ke tokoh agama dan tokoh masyarakat guna memberikan himbauan Pilkada damai," pungkasnya. (tribunjateng/humas polres temanggung).

Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help