CERITA Pengalaman Sophi Mahasiswi Undip Satu Semester Belajar di Rotterdam

CERITA Pengalaman Sophi Mahasiswi Undip Satu Semester Belajar di Rotterdam Belanda.

CERITA Pengalaman Sophi Mahasiswi Undip Satu Semester Belajar di Rotterdam
tribunjateng/mahasiswa Unnes magang
Philein Sophiana atau yang akrab disapa Sophie mahasiswa berprestasi Hukum Undip Semarang mendapat kesempatan mengikuti program Pertukaran Pelajar di Rotterdam Belanda 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Philein Sophiana atau yang akrab disapa Sophie mahasiswa berprestasi Undip Semarang mendapat kesempatan mengikuti program Pertukaran Pelajar. Mahasiswi Hukum Undip 2015 ini menempuh pendidikan di jurusan hukum internasional Erasmus University, Rotterdam selama satu semester terhitung tanggal 8 Januari hingga 19 Juni 2018.

Memang tidak tiba-tiba dia dapat kesempatan emas untuk menempuh pendidikan di luar negeri khususnya di Belanda.

Kesibukannya selain menjadi mahasiswa hukum, dia juga bekerja part-time menjadi seorang tutor bahasa Inggris untuk orang Korea.

Philein Sophiana atau yang akrab disapa Sophie mahasiswi Sophie mahasiswi Hukum Undip studi hukum internasional Erasmus University, Rotterdam selama satu semester terhitung tanggal 8 Januari hingga 19 Juni 2018.
Philein Sophiana atau yang akrab disapa Sophie mahasiswi Sophie mahasiswi Hukum Undip studi hukum internasional Erasmus University, Rotterdam selama satu semester terhitung tanggal 8 Januari hingga 19 Juni 2018. (tribunjateng/mahasiswa Unnes magang)

Sophi juga menjadi koordinator Public Relations untuk acara tahunan One Indonesia dan juga berpartisipasi dalam volunteering program di Art Week, Rotterdam.

Menjadi mahasiwa di negeri orang pasti mengalami suka dan duka, seperti yang dialami oleh Sophi.

Dia sangat senang karena disana, apapun serba rapi dan teratur.

Orang-orangnya juga sangat ramah, dia bercerita bahwa dirinya sering disapa oleh orang-orang sekitar meskipun tidak saling kenal..

Sebagaimana pembicaraan Sophi dengan Indah mahasiswa Unnes yang magang jurnalistik di Tribunjateng.com via line, Sophie mahasiswa Hukum Undip 2015 itu selama di Belanda juga merasakan rindu dengan makanan Indonesia.

Philein Sophiana atau yang akrab disapa Sophie mahasiswi Hukum Undip studi hukum internasional Erasmus University, Rotterdam selama satu semester terhitung tanggal 8 Januari hingga 19 Juni 2018.
Philein Sophiana atau yang akrab disapa Sophie mahasiswi Hukum Undip studi hukum internasional Erasmus University, Rotterdam selama satu semester terhitung tanggal 8 Januari hingga 19 Juni 2018. (tribunjateng/mahasiswa Unnes magang)

Tinggal jauh dari rumah pasti merindukan makanan, dan meskipun ada resto Indonesia di sana, harga yang ditawarkan sangat mahal.

Menjadi mahasiswa di negeri orang tentu berbeda rasanya dengan di negeri sendiri, seperti yang Sophi rasakan.

"Di sini, mahasiswanya take studying very seriously, jadi perpustakaannya pasti penuh setiap hari," ujarnya.

Menjadi mahasiswa di negeri asing juga pastinya sangat menyenangkan dan memiliki banyak pengalaman internasional.

Tidak sulit untuk bisa seperti Sophi, jangan pernah menyerah jika memiliki impian yang tinggi dan selalu percaya diri terhadap diri sendiri dan yang paling penting jangan lupa untuk berdoa merupakan kunci kesuksesannya. (tribunjateng/indah permata/mahasiswa Unnes magang)

Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help