Dua Orang Tewas saat Banjir Rendam Ribuan Rumah di Brebes

Hujan deras selama satu malam sejak Minggu (11/2) sore hingga Senin (12/2) pagi, menyebabkan Sungai Pemali Brebes meluap

Dua Orang Tewas saat Banjir Rendam Ribuan Rumah di Brebes
TRIBUNJATENG/RIFQI GOZALI/IST
Banjir 

TRIBUNJATENG.COM, BREBES - Hujan deras selama satu malam sejak Minggu (11/2) sore hingga Senin (12/2) pagi, menyebabkan Sungai Pemali Brebes, Jawa Tengah, meluap. Dua titik tanggul Sungai Pemali jebol.

Akibatnya ribuan rumah di tiga kecamatan terendam. Selain itu dua warga tewas tenggelam akibat terseret banjir.

Tiga kecamatan di wilayah Kabupaten Brebes yang terendam banjir, masing masing wilayah Jatibarang, Wanasari dan Brebes.

Menurut warga, air mulai masuk pada Senin pukul 05.00 WIB. Luapan air sungai menggenangi daerah Desa Buaran dan Kedungtukang Jatibarang.

Tidak lama, dua titik tanggul di Desa Terlangu Kecamatan Brebes, tidak kuat menahan derasnya air sungai. Tanggul ini jebol dan mengalir ke arah timur menggenangi rumah warga.

"Dari pagi air sudah masuk ke rumah. Ini malah tambah tinggi permukaan airnya karena ada yang jebol," kata Jaya, warga Desa Terlangu, kemarin.

Warga yang rumahnya terendam terpaksa menempati tanggul sebagai pengungsian darurat. Karena belum tertangani, warga berharap pemerintah segera turun tangan termasuk memberikan bantuan logistik.

Secara terpisah PMI Cabang Brebes berjanji, bantuan akan segera didatangkan untuk menolong korban banjir. Sejumlah personel PMI masih fokus untuk menolong warga yang terjebak di rumah rumah.

"Saat ini persiapan untuk membuat lokasi pengungsian dan dapur umum," ujar Endang Yuniarti, Wakil Ketua PMI Cabang Brebes.

Menurut warga, lokasi pengungsian masih bersifat sementara sambil menunggu ada perahu karet untuk evakuasi warga.

Halaman
123
Penulis: mamdukh adi priyanto
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help