Ini Tiga Fokus Bidang Teknologi yang Dikembangkan Polri, Ada Kaitan juga dengan Helm Otomatis

Ini Tiga Fokus Bidang Teknologi yang Dikembangkan Polri, Ada Kaitan juga dengan Helm Otomatis

Ini Tiga Fokus Bidang Teknologi yang Dikembangkan Polri, Ada Kaitan juga dengan Helm Otomatis
tribunjateng/Akhtur Gumilang
AKPOL - Seminar Nasional yang diselenggarakan bagi Taruna Akpol tingkat akhir dengan tema Pemanfaatan Teknologi untuk Polri, di Kota Semarang, Selasa (13/2/2018).

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akhtur Gumilang

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Satu di antara isu terkini yang tengah digarap serius oleh Polri adalah tentang perkembangan teknologi.

Adapun tiga fokus bidang teknologi itu sedang dikembangkan yakni, bidang teknologi informasi, forensik, dan transportasi.

Hal tersebut diungkapkan Gubernur Akpol Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel kepada para Taruna Akpol tingkat akhir saat berada di acara Seminar Nasional, Gedung Pancasila Akpol, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (13/2/2018).

Menurut Irjen Pol Rycko, tiga fokus pengembangan teknologi tersebut harus diketahui para calon polisi yang sebentar lagi akan bertugas bagi masyarakat.

"Ini seminar tahunan bagi taruna tingkat akhir. Sebelum menggarap skripsi dan juga terjun ke masyarakat," ucap Irjen Pol Rycko kepada Tribunjateng.com, Selasa (13/2/2018), di sela acara.

Untuk fokus pengembangan teknologi forensik, ia menambahkan bahwa fasilitas tersebut berfungsi sebagai basis untuk melakukan scientific crime investigasi.

Dalam hal ini, Kepala Pusat Laboratorium Forensik (Kapuslabfor) Polri, Brigjen Pol Alex Mandalika menuturkan fungsi pengembangan teknologi forensik bisa difungsikan saat menemui kasus seperti pengungkapan 'kopi sianida mirna' beberapa waktu lalu.

"Investigasi kriminal berbasis teknologi ini meliputi banyak disiplin ilmu. Di antaranya fisika forensik, Kimia forensik, Biologi forensik, Metalurgi forensik, dan Kedokteran forensik. Meski begitu, kegiatan forensik manual pun tetap harus dilakukan," ungkap Brigjen Pol Alex.

Sedangkan untuk pengembangan teknologi transportasi, peningkatan keamanan bagi pengguna jalan adalah prioritas yang kini terus dikembangkan oleh pihak Polri.

Pihak polisi pun telah membuat beberapa inovasi terkini untuk mengurangi angka resiko kecelakaan saat berkendara.

Inovasi itu ternyata diciptakan oleh Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jateng berupa helm yang terintergrasi dengan kendaraan beroda dua.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jateng Kombes Pol Bakharuddin M mengatakan, helm tersebut merupakan satu di antara ratusan inovasi lainnya yang dikembangkan Polda Jateng tahun 2017 lalu.

"Ya berupa helm yang terintegrasi dengan motor. Jadi, jika sabuk (belt) helmnya belum terpasang dengan baik, motor itu tidak akan menyala. Teknologi ini masih dikembangkan karena masih menggunakan motor khusus," papar Bakharuddin kepada ratusan Taruna Akpol. (*)

Penulis: Akhtur Gumilang
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help