Pilkada 2018

Polres Banyumas Siapkan Pengamanan Melekat untuk Paslon

Gelaran akbar Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banyumas semakin dekat

Polres Banyumas Siapkan Pengamanan Melekat untuk Paslon
Tribunjateng.com/Khoirul Muzaki
Fua pasangan calon bupati dan wakil bupati Banyumas bergandengan usai mendapat nomor urut peserta Pilkada di Gedung Korpri Purwokerto. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng Khoirul Muzakki

TRIBUNJATENG.COM, BANYUMAS - Gelaran akbar Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banyumas semakin dekat.

Beberapa tahapan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) telah terlewati. Baik paslon Mardjoko-Ifan Haryanto maupun paslon Achmad Husein-Sadewo Tri Lastiono hari ini telah mendapatkan nomor urut sesuai hasil pengundian oleh KPU Kabupaten Banyumas.

Mereka telah pasang kuda-kuda untuk memasuki tahapan kampanye yang akan dimulai 15 Februari mendatang. Tahapan itu memicu kerawanan meyangkut gangguan keamanan dan ketertiban. Polres Banyumas telah menyiapkan pengamanan ekstra untuk menjaga kondusivitas selama penyelenggaraan tahapan Pilbup berlangsung.

Kapolres Banyumas AKBP Bambang Yudhantara Salamun mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan pengamanan baik dengan metode terbuka maupun tertutup untuk mengawal seluruh tahapan Pilkada.

"Dalam pelaksanaan pengamanan ini kami akan bersinergi dengan TNI dan unsur lain. Kami komitmen untuk netral dan fokus di pengamanan,"katanya, Selasa (13/2)

Pihaknya juga telah menyiapkan pengamanan melekat pada masing-masing paslon, Komisioner KPU, Komisioner Panwaslu sebanyak 16 anggota Polri. Pengamanan juga akan melekat pada kantor KPU, kantor Panwaslu, dan posko pemenangan paslon.

Bambang mengatakan, anggota yang ditugaskan untuk pengamanan khusus ini merupakan anggota pilihan. Sebelum menjalankan misi ini, mereka telah dilatih selama satu bulan di markas Brimob Srondol. Dengan kemampuan khusus yang dimiliki itu, Bambang memastikan para anak buahnya itu telah siap melaksanakan tugas khusus.

"Untuk meminimalisir potensi konflik akibat beda pilihan, kami siapkan pengamanan melekat, mereka punya kemampuan khusus dan terlatih,"katanya

Terpisah, Ketua KPU Banyumas Unggul Warsiadi mengatakan, pihaknya hari ini telah menyelesaikan satu tahapan penting pengundian nomor urut bagi tiap paslon.

Nomor urut itu selanjutnya akan jadi identitas yang melekat pada paslon yang memilikinya. Mereka bisa menggunakan identitas nomor itu untuk pemasangan alat peraga kampanye.

Menjelang tahapan kampanye mulai 15 Februari mendatang, pihaknya segera menggar konsolidasi dengan para paslon atau tum pemenangannya.

Konsolidasi ini untuk menyamakan persepsi mengenai peraturan KPU RI agar mereka memahamu aturan dan terhindar dari berbagai pelanggaran Pilkada.

"Nanti akan dibaca bersama aturan-aturannya, terutama tentang Peraturan KPU Nomor 4 tahun 2017 mengenai kampanye Pilkada," katanya. (*)

Penulis: khoirul muzaki
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved