Wali Kota Solo Buka Rangkaian Festival Pers Nasional 2018

Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo membuka rangkaian kegiatan Festival Pers Nasional 2018

Wali Kota Solo Buka Rangkaian Festival Pers Nasional 2018
TRIBUN JATENG/AKBAR HARI MUKTI
Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo membuka rangkaian kegiatan Festival Pers Nasional 2018 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akbar Hari Mukti

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo membuka rangkaian kegiatan Festival Pers Nasional 2018 yang digelar oleh Monumen Pers Nasional bekerjasama dengan Solo Museum Society, Selasa (13/2/2018).

Adapun Festival Pers Nasional 2018 yang terselenggara untuk kali pertama ini, digelar dalam rangka memperingati ulang tahun Monumen Pers Nasional ke- 40 dan seabad gedung Societeit Mangkoenagaran (Gedung Monumen Pers Nasional).

Kepala Monumen Pers Nasional Suminto Yuliarso mengatakan Festival Pers Nasional 2018 diselenggarakan mulai 11 sampai 16 Februari 2018 di gedung Monumen Pers Nasional Solo.

"Kegiatan ini bertujuan mengajak masyarakat Solo sekitar agar mengenal lebih dekat sejarah pers Indonesia dan perkembangan pers nasional di monumen," jelasnya.

Menurutnya, Festival Pers Nasional ini dilaksanakan bersamaan dengan momentum Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) yang ke 72.

"Di era reformasi ini pers juga ikut ambil bagian untuk menyadarkan dan membawa masyarakat ke arah bangsa yang lebih baik lagi dalam koridor benar. Untuk itu Monumen Pers Nasional hadir untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya peran pers nasional," katanya.

Ia juga mengatakan dalam Festival Pers Nasional ini, Monumen Pers Nasional menyelenggarakan sejumlah kegiatan seperti Pameran Foto Jurnalistik, Workshop dan Lomba Vlog, Workshop Fotografi, Museum Talk, Lomba Menggambar dan Mewarnai, dan Instagram Photo Contest.

Lebih jauh ia menuturkan Festival Pers Nasional 2018 memiliki nilai arti yang penting, mengingat Gedung Monumen Pers yang dulunya pada tahun 1918 bernama Societeit Mangkoenagaran ini diperuntukkan sebagai balai pertemuan.

Ia menjelaskan gedung yang awalnya sebagai sebuah tempat perkumpulan keluarga Mangkoenagaran ini dibangun atas prakarsa KGPAA Sri Mangkunegoro VII.

Halaman
12
Penulis: akbar hari mukti
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help